Pencarian populer

PLN Bantu 146 Tabung Listrik kepada Warga di Papua

Saat petugas PLN memasang Battery Storage atau Tabung Listrik di salah satu rumah warga di Papua. (Foto dok Humas PT PLN WP2B)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM - General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B), J. A. Ari Dartomo mengatakan, pihaknya telah memberikan 146 battery storage atau tabung listrik kepada masyarakat di Papua, baik untuk fasilitas umum maupun pos keamanan yang belum terjangkau jaringan listrik.
ADVERTISEMENT
“146 tabung listrik itu telah didistribusikan ke tiga lokasi, yakni 46 set di Jayapura, 75 set di Wamena, dan 25 set di Merauke. Khusus daerah Jayapura, seluruh tabung listrik telah terpasang. Pemasangan tabung listrik ini bekerja sama Kodam XVII Cenderawasih untuk wilayah Wamena dan Merauke,” jelas Dartomo, Kota Jayapura, Rabu (17/7).
Lokasi penerima tabung listrik ini dipilih, sebab kata Dartomo, saat ini daerah itu belum terlistriki PLN. Salah satu faktornya, adalah kondisi geografis yang masih kurang memungkinkan untuk pemasangan jaringan dan pembangkit. Pemasangan tabung listrik ini juga akan berpengaruh pada rasio elektrifikasi di Papua.
Dartomo mengatakan, pemberian tabung listrik ini sebagai penerangan sementara sebelum jaringan listrik masuk ke beberapa daerah di Papua. “Tabung listrik ini merupakan salah satu upaya kami memberikan penerangan kepada masyarakat, tempat sosial dan juga pos penjagaan di daerah perbatasan. Kami harap bantuan ini bermanfaat bagi penerima,” terangnya.
ADVERTISEMENT
Menurut Dartomo, sistem kerja tabung listrik menyerupai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), yaitu menggunakan panel surya yang dihubungkan ke power bank atau tempat penyimpanan daya. Nantinya daya yang tersimpan akan dialirkan ke tiga titik lampu yang ada.
“Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang lebih bagi penerima. Kami juga terus berupaya mencari solusi terbaik bagi masyarakat yang belum terlistriki di daerah-daerah terpencil. Tujuannya agar seluruh masyarakat Papua dapat menikmati listrik tanpa terkecuali,” papar Dartomo.
Kepala Kampung Waley, Mathius Lembar mengatakan, sebelumnya mereka masih menggunakan lampu pelita untuk penerangan, tapi adanya tabung listrik ini jelas membantu. “Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui PLN yang telah bantu lampu ini. Semoga anak-anak dapat belajar baik di malam hari,” jelasnya. (Pratiwi)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86