kumparan
1 Des 2018 7:36 WIB

Polres Jayawijaya Cegah Peringatan Kemerdekaan Papua di 3 Kabupaten

Ilustrasi polisi di Papua. (BumiPapua.com/Katharina)
Wamena, BUMIPAPUA.COM – Polres Jayawijaya meminta warga di tiga kabupaten yang terletak di wilayah pegunungan tengah Papua, yakni Kabupaten Jayawijaya, Nduga, dan Yalimo, untuk tidak merayakan Hari Ulang Tahun Kemerkdekaan Papua pada 1 Desember.
ADVERTISEMENT
Kepala Polres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba, menyebutkan warga yang merayakan hal tersebut akan merugikan diri sendiri dan bertentangan dengan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Polres Jayawijaya menempatkan sejumlah personel di lokasi yang dianggap rawan terjadi pengumpulan massa.
“Kepolisian juga telah mengantisipasi adanya dampak kejahatan. Kami akan meminta tambahan bantuan dari personel di Polda Papua dan perbantuan dari TNI jika daerah tersebut dianggap rawan,” ujar Yan Pieter Reba, Sabtu (1/12).
Dia juga meminta anggota Satuan Tugas Khusus yang saat ini berada di Kabupaten Lanny Jaya untuk ditempatkan di Distrik Bolakme dan Wamena untuk mengantisipasi pemanfaatan situasi 1 Desember oleh kelompok tertentu.
“Masyarakat agar lebih fokus dengan persiapan perayaan menjelang natal, daripada mengikuti kegiatan yang dampaknya bisa merugikan diri sendiri atau pihak lainnya,” ucap Yan Pieter Reba. (Stefanus)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan