kumparan
15 Apr 2019 17:38 WIB

Tembus Jalan Berlumpur, Logistik Pemilu di Merauke juga Lewati Sungai

Jalan berlumpur jadi hambatan untuk tembus ke dua distrik di Merauke. (BumiPapua.com.Abdel)
Merauke, BUMIPAPUA.COM - Kondisi jalan berlumpur, membuat distribusi logistik pemilu ke Distrik Animha dan Kaptel di Kabupaten Merauke tersendat.
ADVERTISEMENT
Logistik yang diangkut dengan truk, harus melewati jalan berlumpur. BumiPapua yang ikut dalam pendistribusian itu, harus menempuh waktu 24 jam, untuk tiba di titik kumpul logistik pemilu di Kampung Tamulik, sebelum akhirnya dilanjutkan perjalanannya dengan jalur sungai.
Dalam perjalanan darat itu pun, truk pengangkut logistik harus dipandu oleh mobil jenis triton milik Distrik Kaptel. Truk juga harus ditarik sepanjang 40 kilometer, untuk keluar dari jalan berlumpur.
Kamis (15/4), sekitar pukul 03.00 WIT dini hari, logistik pemilu untuk Distrik Kaptel tiba di pinggiran Kali Bian, Kampung Tamulik.
Usai dari jalur itu, logistik pemilu harus didistribusikan kembali lewat jalur sungai dengan menggunakan dua spedboat, ke Distrik Kaptel, dengan jarak tempuh perjalanan satu setengah jam.
ADVERTISEMENT
Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze dan Komisioner KPU Devisi Teknis Maikhel Sarwawan yang ikut mengawal pendistribusian logistik ke Distrik Kaptel terlihat tak mampu berkata apapun.
“Ini perjalanan yang melelahkan. Kondisi jalan yang berlumpur menghambat distribusi logistik. Awalnya kami perkirakan logistik untuk Distrik Kaptel bisa tiba di Kali Bian, Kampung Tamulik pukul 19.00 WIT, tetapi perkiraan itu melesat dan logistik baru tiba pukul 03.00 WIT untuk dilanjutkan dalam perjalanan sungai,” ucapnya.
Petugas PPD dan anggota polisi yang ikut dalam mengawal distribusi pemilu ini pun harus beberapa kali turun dari truk, berjalan kaki untuk membantu manarik truk pengangkut logistik yang terperosok ke dalam lumpur.
"Melelahkan. Ini medan yang berat, tetapi harus kita jalankan karena ini tugas negara," ujar seorang anggota polisi, Zulkifli. (Abdel)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan