kumparan
KONTEN PUBLISHER
16 Januari 2020 17:16

Terpantau, Kampung Danggoa Intan Jaya Jadi Lokasi Titik Kumpul KKSB

ilustrasi penembakan.jpg
ilustrasi pelaku penembakan. (Dok: Kumparan)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM - Wakil Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi menyebutkan 2 kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) terpantau aparat keamanan saat melakukan pertemuan di Kampung Danggoa, Distrik Agisiga Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua beberapa hari lalu.
ADVERTISEMENT
Dax menyebutkan lokasi pertemuan itu bukan markas KKSB, tapi hanya semacam titik kumpul.
"Anggota kami memantau adanya pertemuan 2 kelompok KKSB pimpinan Lekagak Telenggeng dan Murib. Tempatnya semacam ada honai (sebutan rumah adat Papua) di kampung itu," kata Dax, saat dihubungi lewat gawainya, Kamis (16/01).
Dax mengatakan, pemantauan ini diketahui ketika anggota TNI yang terdiri dari satu regu sedang melakukan tindakan pengejaran terhadap kelompok yang melakukan penembakan terhadap 3 tukang ojek dan 2 orang anggota kopasus beberapa waktu lalu di Intan Jaya.
"Saat melakukan patroli, anggota mendengar suara tembakan dari arah berkumpulnya KKB itu. Kemudian anggota melakukan pemantauan melalui teropong dan terlihat sekitar 70-an orang anggota KKB di lokasi titik kumpul itu," jelas Dax.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut Dax menyampaikan, anggota TNI langsung melakukan tindakan taktis terukur dengan mengeluarkan 2 kali tembakan kearah titik berkumpulnya KKSB.
"Anggota tidak sampai ke lokasi, karena jumlah kekuatannya kalah dari KKSB," jelasnya.
Dax menambahkan belum dapat menginformasikan tujuan dari pertemuan 2 kelompok KKSB itu, tetapi saat ini pos-pos jaga aparat keamanan sedang melakukan penjagaan ekstra, untuk mengantisipasi adanya serangan susulan dari kelompok tersebut.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan