kumparan
8 Jan 2019 19:02 WIB

Tiga Aktiivis KNPB Timika Kena Pasal Makar

Ilustrasi penangkapan. (Dok: Kumparan)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM - Polda Papua memeriksa tiga aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Timika yang ditangkap di Sekretariat KNPB pada 31 Desember 2018 lalu.
ADVERTISEMENT
Ketiganya berinisial SA, ED dan YA yang tadi pagi telah dibawa dari Timika ke Polda Papua di Kota Jayapura, untuk pemeriksan lanjutan di Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua.
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal menyebutkan ketiga aktivis itu ditangkap saat pembubaran terhadap kegiatan masyarakat di Sekretariat KNPB. Dalam pembubaran polisi yang dibantu oleh pasukan TNI ditemukan sejumlah barang bukti yang bertentangan dengan kedaulatan NKRI.
Selama ini, sejumlah aksi yang biasa dilakukan KNPB bertujuan untuk gerakan Papua merdeka. KNPB di Timika bahkan menempati sebuah bangunan milik salah satu perusahaan. "Saat ini bangunan disita untuk proses hukum lebih lanjut," ujar Kamal.
Kamal melanjutkan, untuk ketiga aktivis KNPB saat ini disangkakan pasal 106 KUHP Jo pasal 87 KUHP pasal 53 sub 110 ayat 2 ke 2 e jo pasal 88 KUHP tentang makar. (Liza)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan