Pencarian populer

Video: Negara Hadir di Bolakme Jayawijaya

Peresmian lembaga penyalur BBM Satu Harga di SPBU Kompak Bolakme Kabupaten Jayawijaya. (Foto Katharina)

Wamena, BUMIPAPUA.COM - Negara hadir di Distrik Bolakme, Kabupaten Jayawijaya. Itulah yang dirasakan warga setempat. Kehadiran negara kali ini dalam bentuk energi BBM satu harga di distrik yang menjadi jalan satu-satunya menghubungkan Kabupaten Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo dan Puncak Jaya.

"Jalur ini strategis menjadi aktivitas warga ke sejumlah kabupaten. Jalur yang digunakan biasa menggunakan jalan darat dengan mobil-mobil pengangkut antar kabupaten," jelas Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi, usai peresmian SPBU Kompak di Kampung Lani Timur, Kabupaten Jayawijaya, Jumat (22/2).

Marthin yakin kehadiran SPBU Kompak Bolakme mampu menjawab kebutuhan warga. Dirinya berharap semua pihak dapat mengawasi penyaluran BBM ini. Walau begitu, Marthin tetap minta penambahan kuota BBM untuk Jayawijaya. "Saat ini Kabupaten Jayawijaya masih kekurangan kuota BBM sekitar 2000-an kilo liter dari kuota yang saat ini tersalurkan sekitar 1.400-an kilo liter," jelasnya.

Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Rida Mulyana menyebutkan BBM satu harga disalurkan untuk daerah yakni 3T (Tertinggal, Terluar, Terdepan). "Harapannya, seluruh masyarakat di Indonesia dapat menikmati energi, terutama BBM secara adil," ucapnya.

Pada SPBU Kompak Bolakme, harga Premium akan sama dengan daerah lainnya di Indonesia yakni untuk Premium Rp6.450 per liter dan harga Solar Rp5.150 per liter.

Kepala Distrik Bolakme, Hengki Tabuni menyebutkan dengan beroperasinya SPBU kompak, diharapkan dapat langsung dioperasionalkan bagi kebutuhan warga. "Dulu, kami beli BBM Rp25 ribu hingga Rp30 ribu. Tapi sekarang tidak lagi dan harganya sama dengan tempat lain," ucapnya.

Dirinya berterima kasih kepada Pertamina dan pemerintah yang telah hadir di tengah warga. SPBU ini dilengkapi dua unit nozzle, untuk masing-masing produk dan dua unit mesin pompa mini untuk menampung BBM yang disalurkan di Distrik Bolakme.

SPBU Kompak Bolakme mendapatkan jatah premium 150 kilo liter dan solar 50 kilo liter yang dipasok dua kali dalam sebulan. Pertamina terus berkomitmen menambah jumlah lembaga penyalur di Papua. Untuk tahun ini, akan ada target 3 penyalur BBM satu harga kembali yakni, di Yalimo, Dogiyai dan Asmat. (Katharina/Stefanus)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23