kumparan
KONTEN PUBLISHER
9 November 2019 11:48

Wagub Papua Setuju LAPAN Bangun Bandara Antariksa di Biak Numfor

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal-Foto Pratiwi.jpg
Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal. (Foto Pratiwi)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal mendukung pihak Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) membangun Bandara Antariksa di Kabupaten Biak Numfor, Papua.
ADVERTISEMENT
Wacana pembangunan Bandara Antariksa di Biak Nufor ini karena berdasarkan data LAPAN, daerah ini sangat cocok karena berada pada titik ekuator bumi. LAPAN berencana membangun Bandara Antariksa di wilayah Kampung Soukobye, Distrik Biak Utara.
Letak Kampung Soukobye sendiri sekitar 1 derajat Lintang Selatan dan berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik. Sehingga aman untuk dijadikan sebagai lokasi peluncuran.
Menurut Wagub Papua Klemen Tinal, pihaknya sangat mendukung, sebab jika di Distrik Biak Utara ini dijadikan lokasi pembangunan Bandar Antariksa, maka akan memberikan manfaat tersendiri bagi masyarakat di wilayah itu.
“Kami rasa Kabupaten Biak Numfor sudah siap, sehingga hal ini patut diapresiasi. Masyarakat nantinya akan diberdayakan, sehingga kami sangat setuju jika lahannya digunakan untuk pembangunan Bandar Antariksa," ungkap Klemen, Sabtu (9/11).
ADVERTISEMENT
Klemen menjelaskan, terkait untuk lahan yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan Bandar Antariksa ini, pengaturannya harus disesuaikan dengan kondisi di wilayah setempat.
"Yang penting jika memang harus melalui jalur adat, maka gunakan jalurnya. Kalau lahannya milik Angkatan Udara atau Angkatan Laut, maka disesuaikan pula,” jelas Klemen.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan