News
·
17 September 2020 10:39

Wakapolda dan 5 Perwira Polda Papua Serah Terima Jabatan

Konten ini diproduksi oleh Bumi Papua
Wakapolda dan 5 Perwira Polda Papua Serah Terima Jabatan (31354)
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri) bersama dengan Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Matius D. Fakhiri. (Dok Polda Papua)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM- Polda Papua melakukan serah terima jabatan kepada 6 perwira menengah yakni jabatan Wakapolda, Irwasda, Dirintelkam, Kabidkum, Kapolres Yahukimo dan Kapolres Mamberamo Tengah.
ADVERTISEMENT
Upacara serah terima jabatan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2558/IX/KEP./2020 tanggal 1 September 2020. Serah terima jabatan dipimpin Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw.
Ke-6 perwira menengah Polda Papua mendapatkan promosi jabatan yakni Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki akan menduduki jabatan baru sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri dan digantikan oleh Brigjen Pol. Matius D. Fakhiri yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Papua Barat.
Kombes Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin yang sebelumnya menjabat sebagai Irwasda Polda Papua menduduki jabatan baru sebagai Wakapolda Papua Barat. Sementara jabatan Irwasda Polda Papua digantikan oleh Kombes Pol. Alfred Papare yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Intelkam Polda Papua.
Lalu, Kombes Pol. Guntur Agung Supono yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Kum Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Dir Intelkam Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP Dedy Sumarsono yang sebelumnya menjabat sebagai Waka SPN Polda Kalimantan Tengah.
ADVERTISEMENT
Kemudian AKBP Christian Amos Akiewy yang sebelumnya menjabat sebagai Wadir Pamobvit Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Pamen Polda Papua (dalam rangka pensiun) dan akan di gantikan oleh AKBP Ignatius Benny Ady Prabowo yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Yahukimo Polda Papua.
AKBP Deni Herdiana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Mamberamo Tengah Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Yahukimo Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP Simon Sahureka yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Tahti Polda Papua.
"Serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan bagian dari mekanisme dan dinamika organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan organisasi itu sendiri," ujarnya, Kamis (17/9).
Lanjut Paulus, pergeseran jabatan juga memberikan kesejahteraan personel berupa peningkatan promosi jabatan dan menyiapkan regenerasi kedepan, sehingga organisasi tetap berjalan dan berkesinambungan.
ADVERTISEMENT
"Terima kasih atas penghargaan selama pengabdian di Polda Papua yang telah menunjukkan kinerja yang baik serta dedikasi dan loyalitas yang tinggi," ujarnya.
Situasi Kamtibmas Meningkat
Kapolda Papua menyebutkan perkembangan situasi kamtibmas di Provinsi Papua saat ini semakin meningkat, khususnya di wilayah pegunungan, seperti yang baru-baru ini terjadi kasus penembakan oleh KKB di Kabupaten Intan Jaya yang mengakibatkan 2 orang tukang ojek mengalami luka tembak
"Saya harapkan kepada para kapolres di jajaran Polda Papua agar membangun komunikasi kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan organisasi yang ada pada wilayah masing-masing, guna peningkatan keamanan menjelang dilaksanakannya pilkada 11 kabupaten di Papua," jelasnya.
Peningkatan antisipasi kamtibmas juga terjadi di Kabupaten Yahukimo yang beberapa kali terjadi kasus pembunuhan.
ADVERTISEMENT
"Kapolres yang baru segera adaptasi dan bangun komunikasi secara aktif dengan para tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat," jelasnya.
Selain keamanan yang meningkat, tantangan tugas kepolisian saat ini dihadapkan pada pandemi COVID-19 yang jumlah kasusnya terus meningkat, oleh karena itu terus lakukan pendisiplinan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker.