• 3

8 Fakta Menarik dari Rosa Rai Djalal yang Penuh Inspirasi

8 Fakta Menarik dari Rosa Rai Djalal yang Penuh Inspirasi



Rossa Rai Djalal

Rosa Rai Djalal adalah istri dari mantan Duta Besar Indonesia di Washington D.C. Amerika Serikat, Dino Patti Djalal. (Foto: Nur Syarifah Sa'diyah)
Cantik, ramah, dan berjiwa muda. Itulah kesan pertama saat bertemu dengan Rosa Rai Djalal. Di tengah kesibukannya, ia menerima kumparan untuk sesi wawancara khusus dan pemotretan, Senin (19/12) pagi.
Dia membagi pengalaman pribadinya yang penuh inspirasi. Yuk, kenal lebih dekat dengannya!

1. Istri Mantan Duta Besar
Perempuan kelahiran 5 Januari 1975 ini merupakan istri dari mantan duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal. Pasangan yang menikah pada bulan Juli 2004 ini memiliki tiga orang anak, Alexa Saraswati Djalal, Keanu Dwibuwana Djalal, dan Chloe Ramadhanya Djalal. Rosa mampu mengatur perannya sebagai istri, ibu, dan wanita karier dengan segunung kegiatan.

2. “Date Night” Bersama Suami
Memiliki karier yang sama-sama sibuk seperti Dino, membuat Rosa harus pintar membagi waktu bersama sang suami. Akhirnya pasangan ini memiliki waktu khusus yang dinamakan ‘Date Night’. “Setiap jumat malam, kami selalu punya waktu date night. Anak-anak juga tahu, kalau kami lagi date night, mereka enggak boleh ikutan,” kata Rosa sambil tersenyum.

3. Menyukai Gunung dan Pantai
Perempuan 41 tahun ini sering menyempatkan diri untuk me time. Biasanya Rosa menggunakan waktu luang untuk liburan ke destinasi favoritnya, seperti Bali dan Kanada. “Saya suka pantai di Bali karena enggak ada duanya. Saya juga suka weekend gateway sama Mas Dino ke Bali. Kalau ke Kanada, biasanya untuk main ski. Basicly, saya memang suka gunung dan pantai,” katanya.

Rosa Rai Djalal

Rosa Rai Djalal hadir di acara jumpa pers film Lelawa. (Foto: Nur Syarifah Sa'diyah)
4. Dokter Gigi yang terjun ke Dunia Film
Mengawali karier sebagai dokter gigi, tak menutup keinginan Rosa melebarkan sayap ke bidang lain. Ia pun mulai ketagihan berkecimpung di balik layar lebar. Saat ini Rosa adalah produser eksekutif dari 5 judul film, salah satunya 'Lelawa' yang mulai masuk proses produksi. 'Lelawa' dibintangi oleh sederet aktor ternama seperti Arifin Putra, Lukman Sardi, dan Chicco Jerikho.

Rosa Djalal

Rosa Rai Djalal hadir di acara jumpa pers film Lelawa. (Foto: Syarifah Sa'diyah/kumparan)

5. Mengidolakan Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani adalah tokoh idola Rosa. Dia juga mengagumi semua presiden Indonesia karena mampu memberikan manfaat untuk bangsa di balik kekurangan mereka.

Saya suka Sri Mulyani karena dia berdedikasi dan berintegritas. Dia tokoh yang menginspirasi khususnya untuk perempuan.

- Rosa Rai Djalal


6. Gemar Baca Buku Non Fiksi
Selain berlibur, Rosa punya cara lain untuk mengisi waktu. Apalagi kalau bukan menekuni hobi membaca. Berbeda dengan orang-orang yang menyukai cerita fiksi, justru Rosa lebih suka membaca buku non fiksi. “Kalau orang suka baca novel, saya sih kurang suka. Saya baca seperti bukunya Obama dan Hillary Clinton yang ‘Hard Choices’. Saya suka baca buku orang-orang sukses itu ya karena saya belajar, how handle their life, and we can learn that,” ujarnya.

7. Prinsip “from six to nine pm” untuk Anak-anaknya
Meski memiliki segudang kesibukan, Rosa tetaplah ibu bagi ketiga anaknya. Dia selalu berusaha membagi waktu antara pekerjaan dan urusan rumah tangga, termasuk mengurus anak. Karena itu ia memiliki prinsip ‘from six to nine pm’. Apa maksudnya? “Setiap jam 6 sore saya sudah pulang kantor. Saya berjanji pada diri saya sendiri, setiap jam 6 saya harus sampai rumah. Jadi dari jam 6 sampai jam 9 malam itu waktunya untuk anak-anak tanpa megang gadget. From six to nine pm itu saya mengajari mereka belajar, baca buku bersama, dan bermain.”

8. Berjiwa Sosial
Rosa yang menyabet gelar juara 3 Abang-None Jakarta 1993 memiliki jiwa sosial kuat. Saat mendampingi suami berdinas ke Amerika Serikat, ia dipercaya menjadi President of Muslim Women Association, organisasi non-profit yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan dan kesehatan perempuan. Rosa juga pendiri dan presiden Women For The World Foundation. Organisasi ini rajin mengadakan kegiatan pendidikan entreprenur untuk perempuan.

HiburanFilm LelawaFilmRosa Rai DjalalProfil

500

Baca Lainnya