• 8

Eksklusif! Nanda Buka Suara Soal Keputusan Banda Neira Bubar

Eksklusif! Nanda Buka Suara Soal Keputusan Banda Neira Bubar



Nanda 'Banda Neira'  (Bukan Cover)

Nanda 'Banda Neira' (Foto: Ananda Wardhiati Teresia/kumparan)

Keputusan Banda Neira untuk bubar pada Jumat (23/12) meninggalkan luka begitu mendalam bagi para penggemarnya. Namun luka itu bukan hanya milik mereka, tapi juga dirasakan oleh para personelnya, Rara Sekar Larasati dan Ananda Badudu.
Rasa sedih terlihat di raut wajah Ananda Badudu atau yang akrab dipanggil Nanda saat bertandang secara khusus ke kantor kumparan pada Jumat (23/12) malam. Dengan nuansa sendu, Nanda mulai mengeluarkan sedikit isi hatinya.
Menurut Nanda, keputusannya bersama Rara untuk membubarkan Banda Neira bukan hal yang mudah. Hampir satu tahun mereka membicarakan hal ini secara matang.
"Bahkan proses diskusinya lama, terhitung dari beres rekaman album kedua. Itu sudah mulai ada obrolan kita membicarakan bagaimana masa depan Banda Neira. Diskusi itu masih berlangsung sampai ya kira-kira seminggu sampai dua minggu sebelum pengumuman (soal bubar). Jadi ada waktu hampir 12 bulan untuk memikirkan ini," ungkap Nanda dengan suara sedikit tercekat.

Banda Neira

Bubarnya Banda Neira (Foto: http://dibandaneira.tumblr.com/)
Rara yang tinggal di Selandia Baru, dan Nanda yang berada di Indonesia, disebut-sebut sebagai alasan utama bubarnya Banda Neira . Tapi Nanda menampik.
"Jarak itu terlalu sepele untuk dijadikan alasan. Karena pas bikin album pertama saja, aku ada di Jakarta dan Rara di Bali. Itu membuktikan bahwa jarak bukan suatu masalah, jadi (kami bubar) bukan karena itu sih."

Banda Neira

Banda Neira berpisah (Foto: http://dibandaneira.tumblr.com/)
Nanda masih enggan mengungkap alasan sebenarnya di balik bubarnya Banda Neira. Dia cukup terkejut dengan reaksi penggemar menanggapi pengumuman mereka di hari Jumat, (23/12).
"Tapi yang lebih enggak pernah kepikir itu kalau Banda Neira bisa sampai seperti ini sampai sekarang. Maksudnya banyak banget ya, yang ngasih tanggapan setelah hari ini ngumumin. Wah, sama sekali enggak pernah ngebayangin akan seperti itu," kata Nanda.
Nanda yang kini jadi penulis lepas yang berdomisili di Yogyakarta itu sering terdiam beberapa saat sebelum akhirnya menjawab pertanyaan yang diajukan. Dia terlihat masih terpukul. kumparan kemudian menanyakan, lagu Banda Neira apa yang paling menggambarkan perasaannya saat ini?
"Mungkin judul album pertama, yang 'Berjalan Lebih Jauh'. Tapi sebelum akhirnya mengumumkan, lagunya 'Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti'. Tapi setelah ini ya udah kita dengan situasi yang baru dan keadaan yang baru. Kita tetap harus berjalan lebih jauh."

Banda Neira

Nanda 'Banda Neira' bersama Arifin Asydad (Foto: Ikhwanul Habibi/kumparan)




MusikMusisiSelebritiBanda Neira

500

Baca Lainnya