kumparan
11 Okt 2017 18:19 WIB

Joko Anwar Jawab Kemungkinan Sekuel Film 'Pengabdi Setan'

Adegan film Pengabdi Setan (Foto: Rapi Film)
Film horor terbaru Tara Basro, 'Pengabdi Setan', masih tayang di bioskop seluruh Indonesia dan masih terus memancing rasa penasaran para pecinta film Indonesia.
ADVERTISEMENT
Jika sudah menonton film karya sutradara Joko Anwar itu, bisa dikatakan 'Pengabdi Setan' memiliki akhir yang "gantung". Lalu apakah Joko, yang juga berperan sebagai penulis skenario, sudah punya rencana untuk meneruskan film tersebut menjadi sebuah sekuel?
"Belum aku pikirin (sekuelnya) karena aku bilang mau mikir ada atau enggak setelah filmnya benar-benar enggak ada lagi di bioskop," ujar Joko saat ditemui di kanto Rapi Film, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/10).
Selain turun layar, salah satu pertimbangan Joko untuk membuat sekuel 'Pengabdi Setan' adalah dari banyak atau tidaknya jumlah penonton. Sedangkan, sudah tercatat dua juta lebih penonton sejak tayang perdana pada tanggal 28 September kemarin.
Angka tersebut sudah tergolong banyak bagi genre horor Tanah Air. Sebagai pembanding, film 'Danur' tercatat memiliki jumlah 2,7 juta penonton hingga turun layar.
Karakter Ibu di film 'Pengabdi Setan'. (Foto: @jokoanwar/Twitter)
Tidak ada alasan lain bagi Joko untuk tidak membuat sekuelnya. Lalu bagaimana jika ia dipaksa oleh produser dan eksekutif produser untuk menggarap film lanjutannya?
ADVERTISEMENT
"Wah, Sunil (produser film 'Pengabdi Setan) enggak bakal melakukan itu. Dia bahkan bilang, 'Setuju, kita tunggu aja. Don't rush'," ucap Joko menirukan pembicaraan dengan Sunil Samtani.
Nyatanya hal yang berbeda diungkapkan oleh Gope T. Samtani selaku eksekutif produser. Menurut penuturannya, mereka sudah bencana melanjutkan sekuel 'Pengabdi Setan'. Tapi, penggarapan tidak akan akan dilakukan dalam waktu dekat.
"Sekuel ada cuma enggak dalam waktu dekat. Paling tahun depan," kata Gope di lokasi yang sama. "Kalau sekuel terlalu cepat enggak bagus juga, biar ada rasa penasaran saja."
Joko Anwar (Foto: Munady Widjaja)
Rumah produksi Rapi Film, yang menaungi film 'Pengabdi Setan', sudah memastikan untuk menggaet Joko lagi sebagai sutradaranya. Gope merasa bahwa Joko adalah sutradara yang cocok karena memiliki ikatan dan passion yang kuat terhadap film reboot dari tahun 1980-an itu.
ADVERTISEMENT
Lalu, apakah Rapi Film sudah memikirkan jalan cerita sekuel 'Pengabdi Setan'?
"Endingnya sudah diciptakan untuk sekuelnya," ucap Gope menutup perbincangan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·