• 3

Onky Alexander Mangkir Ikrar Talak, Gugatan Cerai Terancam Batal

Onky Alexander Mangkir Ikrar Talak, Gugatan Cerai Terancam Batal



Gif Onky Alexander

Gif Onky Alexander (Foto: Caroline Pramantie)
Onky Alexander (51) mangkir dari agenda sidang pembacaan ikrar talak satu kepada istrinya, Paula Ayustina Saroinsong (60) di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Rabu, (21/12). Pihak Onky hanya diwakili oleh kuasa hukumnya Poernomo Dwinanto, sementara pihak Paula tak menghadiri persidangan.

Sketsa Onky Alexander

Sketsa Onky Alexander (Foto: Sketsa oleh Frans Mateus Situmorang/kumparan)
Menurut Poernomo, Onky tidak bisa hadir karena sedang ada urusan di luar kota. Absennya pria bernama asli Alexander Herrianto itu menyebabkan sidang ditunda. Saat ditanya soal penyebab perceraian Onky dan Paula, Poernomo memilih bungkam.
"Saya nggak comment. Saya ada perjanjian sama klien untuk nggak bicara ke media. Pak Onky juga nggak mau diekspos media," kata Poernomo sambil berjalan keluar dari Pengadilan.
Ditemui di tempat yang sama, Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan Rusdi Tahir mengatakan pengadilan tidak lagi memiliki kewajiban untuk memanggil kedua belah pihak.
"Dia (Onky) harus datang melapor, nanti majelis hakim tetapkan hari sidang di hari berikutnya. Jadi katakanlah besok dia datang, bukan hari itu langsung ucapkan talak, tapi majelis hakim harus menetapkan hari sidang lain," papar Rusdi di kantornya.
Ia menambahkan, dalam sidang pembacaan ikrar talak satu, Paula diberikan hak untuk datang. Setelah itu Paula tak diwajibkan hadir lagi. "Paula juga nanti dipanggil kalau sudah ada jadwal sidang ikrar talaknya, tapi itu bukan kewajiban mau datang atau tidak. Kalau Onky wajib (datang) untuk ucap talak," jelasnya.
Pihak Onky pun diberi waktu enam bulan untuk melaporkan kesiapan diri untuk ikrar talak. Jika dalam enam bulan ia tak hadir untuk membuat jadwal, maka gugatan cerai dari pemain film ‘Catatan Si Boy’ ini dibatalkan. "Jika lebih dari enam bulan, vonisnya jatuh, tidak berkekuatan hukum lagi," terang Rusdi.

HiburanSelebritiPerceraian ArtisOnky Alexander

500

Baca Lainnya