• 3

Resolusi Tulus di 2017: Banyakin Piknik

Resolusi Tulus di 2017: Banyakin Piknik



Tulus

Tulus, salah satu penyanyi pria terpopuler. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Perayaan malam Tahun Baru tinggal menghitung hari nih. Biasanya sudah banyak selebriti Indonesia, terutama penyanyi yang memiliki jadwal cukup padat sebagai pengisi acara malam tahun baru. Namun berbeda dengan Tulus (29) yang memilih meliburkan diri di malam pergantian tahun.
Pelantun lagu 'Teman Hidup' ini malah memadatkan jadwal promo album ketiganya beberapa hari sebelum tahun baru. "Ini kegiatan terakhir saya (promo album) sebelum tahun baru. Saya memilih untuk enggak ambil kerjaan di malam tahun baru soalnya mau atur waktu untuk liburan. Tahun ini saya sudah sibuk banget," kata Tulus saat ditemui di kawasan M.H Thamrin, Jakarta Pusat.
Meski hanya mendapat jatah libur selama seminggu, namun Tulus cukup bahagia. Baginya liburan itu sebagai salah satu bentuk cara menghargai apa yang telah dikerjakan selama ini. "Belum tahu sih mau kemana, tapi walau sebentar liburannya, saya hanya ingin menikmati hasil kerja dan menghargai apa yang sudah saya lakukan."

Pemilik nama lengkap Muhammad Tulus ini, juga mau merasakan efek dari liburan yang biasanya membuat orang lebih semangat dalam bekerja. "Biar energinya lebih baru pas pergantian tahun. Setelah libur ada semangatnya. Soalnya kalau liburannya rileks, saya bisa bikin lagu dan semoga mendapat kesempatan bikin lagu untuk orang lain lagi, itu sangat asyik," kata Tulus yang ternyata sudah menyiapkan resolusi terbaru di 2017. Apa itu?
"Saya mau banyakin liburan, terutama liburan sama keluarga. Apalagi keluarga saya itu jumlahnya tidak terlalu banyak, jadi pasti gampang ngatur waktu liburan. Pokoknya, di tahun depan harus sering liburan, tapi liburan beneran, bukan liburan sambil kerja," lanjutnya.
Selama ini, Tulus memang dikenal sebagai salah satu musisi yang tak pernah berhenti berkarya. Terhitung selama 5 tahun terakhir, ia sudah sukses merilis tiga album, yaitu Tulus (2011), Gajah (2014), dan yang terbaru Monokrom (2016).

Tulus

Tulus, single teman hidup. (Foto: VK Tulus)
Dalam album perdananya yang bertajuk Tulus, pria asal Minang ini menuliskan semua lagu-lagunya, seperti 'Sewindu', 'Teman Hidup', 'Tuan Nona Kesepian', dan masih banyak lagi, yang akhirnya sukses merajai chart radio di seluruh Indonesia. Melalui album perdana ini Tulus berhasil meraih penghargaan Rolling Stone Editors Choice Awards dengan nominasi Rookie of The Year tahun 2013. Selain itu konser tunggal pertamanya yang digelar di Bandung pada 28 September 2011, terbilang sangat sukses dengan membludaknya penonton yang hadir. Selanjutnya pertunjukan Tulus di Jakarta International Java Jazz Festival 2013 di Jakarta, pelantun lagu 'Tukar Jiwa' ini menjadi salah satu pengisi acara yang paling dinantikan.
Di album kedua yang bertajuk 'Gajah', lagi-lagi Tulus mendapat apresiasi. Album yang resmi dirilis pada 19 Februari 2014 ini langsung menduduki deretan teratas tangga lagu di kancah musik Indonesia. Musisi yang juga menggeluti bidang arsitektur ini semakin menunjukkan popularitasnya sebagai penyanyi pop yang mampu membuat galau pendengarnya melalui lirik lagu sendu dan sarat makna. Tak hanya itu, di album kedua ini, Tulus juga seperti bermain kata dalam mengeksplorasi setiap lirik yang tercipta. Seperti dalam lantunan lagu 'Gajah', lirik yang tercipta seperti mengungkapkan isi hati Tulus.
Waktu kecil dulu mereka menertawakan. Mereka panggilku gajah, ku marah. Kini baru ku tahu puji di dalam olokan, mereka ingat ku marah. Jabat tanganku panggil aku gajaaaaah.......
Lagu ini memiliki kaitan erat dengan masa kecilnya yang tidak menyenangkan. Dimana ia tidak menyukai masa-masa dimana teman-teman selalu memanggilnya dengan sebutan Gajah. Namun seiring bertambahnya usia, rasa tak sukanya pun terkikis, dan ia mengubah pengalamannya itu menjadi sebuah lagu terbaik untuk album kedua. Melalui album 'Gajah' Tulus berhasil menyabet sederet penghargaan Anugerah Musik Indonesia 2015 dengan berbagai nominasi, seperti Artis Solo Pria Pop terbaik, Pencipta Lagu Pop Terbaik, Album Pop terbaik, Penyanyi Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik, Album Terbaik Terbaik, dan Karya Produksi Terbaik Terbaik.

Daftar Lagu Terbaik di 2016

Daftar lagu-lagu terbaik di 2016 (Foto: kumparan)
Yang terbaru, pada 3 Agustus 2016 lalu, Tulus merilis album ketiganya bertajuk 'Monokrom'. Masih dengan deretan single-single terbaiknya seperti, 'Pamit' dan 'Ruang Sendiri', Tulus mengajak para penggemar beratnya - terutama kaum hawa - untuk galau berjamaah!
Lalu jenuhkah Tulus dengan rutinitas yang dilakukannya? Ia berkata sambil tersenyum, "Enggak sih karena profesi ini adalah hobi saya. Tahun depan juga sudah ada project terbaru selain promosi album (monokrom) dan acara off air."
Siap-siap 2017 masih dibuat galau terus sama Tulus nih!

HiburanMusisiSelebritiResolusiTahun Baru 2017Tulus

500

Baca Lainnya