• 2

Ria Irawan: Karier, Vonis Kanker, dan Cerita Cinta yang Happy Ending

Ria Irawan: Karier, Vonis Kanker, dan Cerita Cinta yang Happy Ending



Ria Irawan

Ria Irawan berjuang melawan kanker (Foto: @riairawan/Instagram )
Jika mendengar nama Chandra Ariati Dewi Irawan atau yang akrab disapa dengan Ria Irawan ini, ingatan kita akan kembali ke tahun 70-an. Sebagai salah satu bintang lawas, nama Ria memang begitu familiar. Apalagi ia merupakan anak bungsu dari pasangan aktor senior Bambang Irawan dan aktris senior Ade Irawan.
Terlahir dari pasangan orang tua yang namanya tengah naik daun, membuat Ria kecil tak lepas dari sorot kamera dan hingar bingar dunia hiburan. Tumbuh besar dalam industri perfilman Tanah Air membuat Ria ikut 'tercebur' sebagai pemain figuran dalam film 'Sopir Taxi' (1973) yang dibintangi oleh Bambang Hermanto dan Dien Novita. Padahal saat itu umurnya baru menginjak 4 tahun. Berjalannya waktu, Ria masih terus dipercaya untuk bermain sebagai figuran. Pelan namun pasti, Ria mulai menunjukkan bakat akting.
Sampai akhirnya Ria berhasil menyabet sebuah penghargaan dalam Festival Film Indonesia sebagai Aktris Pendukung Terbaik berkat perannya di film 'Bila Saatnya Tiba' (1985). Tahun berganti, lagi-lagi bakat akting Ria membuahkan hasil yang manis. Ia berhasil menyabet Piala Citra sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik FFI 1988 melalui film 'Selamat Tinggal Jeanette' (1987).
Karier yang terbilang mulus ternyata berbanding terbalik dengan kehidupan pribadinya. Di pertengahan tahun 90-an, di saat namanya tengah bersinar, Ria sempat tersandung sebuah kasus kriminal. Namanya terseret karena sosok Almarhum Rivaldi Sukarno yang ditemukan tak bernyawa di kediaman Ria akibat overdosis obat-obatan terlarang. Kasus itu semakin berkembang dan membuat Ria yang saat itu menjadi kekasih dari Rizal Mantovani ini harus rela bolak balik ke kantor polisi demi menjalani proses penyidikan.
Bak roda berputar, seperti itu mungkin yang dirasakan Ria. Puncak popularitas yang tengah diraihnya hancur berantakan. Tekanan demi tekanan yang meyudutkan mulai membuatnya depresi. Meski dibebaskan dari segala tuduhan, namun kasus ini membuat Ria harus mengasingkan diri ke luar negeri. Selama di 'perantauan' ia sempat menempuh pendidikan dengan mengambil jurusan Desain Grafis. Bahkan beberapa kali pulang ke Indonesia, ia juga sempat membintangi film 'Kuldesak' (1996).
Setelah benar-benar memutuskan untuk pulang ke Indonesia, beragam tawaran syuting serta wawancara tak pernah berhenti menghampirinya. Ya, Ria benar-benar kembali menata hidupnya dan menutup semua luka lama di masa lalu.
Setelah itu, Ria kembali membuat geger dengan berita pernikahannya. Tanpa pernah diketahui jalinan asmaranya bersama Yuma Wiranatakusumah, tiba-tiba saja pada 5 April 1997, Ria memutuskan untuk menikah dengan pengusaha tersebut. Sayangnya, pernikahan mereka tak bertahan lama dan hanya bertahan selama 2 tahun. Pada Desember 1999, Yuma dan Ria memutuskan untuk bercerai.

Poster film Berbagi Suami

Ria Irawan sabet nominasi Aktris Pendukung Terbaik (Foto: dok IMDB)
Tahun berganti, Ria kembali hadir membawa sebuah kabar mengejutkan. Tepatnya di tahun 2009 menjadi tahun terberat bagi pemain film 'Berbagi Suami' ini. Ria yang kondisi fisiknya terlihat sangat sehat, tahu-tahu harus menelan kenyataan pahit dengan penyakit yang ia derita.
Sebenarnya semua bermula di tahun 2009, Ria mengalami penyakit penebalan dinding rahim dan miom. Namun gejala itu tak digubris olehnya karena ia takut melakukan perawatan secara medis. Hingga akhirnya di tahun 2014, pemain sinteron 'Bidadari Yang Terluka' ini memberanikan diri untuk menjalani operasi pengangkatan rahim dan indung telur.
Belum selesai dari masa pemulihan, kenyataan pahit lainnya harus ia terima. Ria divonis mengidap kanker kelenjar getah bening stadium 3.
"Rupanya penebalan dinding rahimnya sudah parah dan pas diangkat ternyata sudah sampai ke indung telur. Nah setelah itu tanggal 16 Oktober 2014 saya dinyatakan positif kanker kelenjar getah bening dan sudah menyebar. Saya harus melakukan kemoterapi," ungkap Ria saat itu.
Dunia pun seakan runtuh. Meski terasa berat Ria bangkit dari keterpurukan dan berusaha untuk melawan penyakitnya. Ria pun ikhlas untuk melakukan serangkaian proses penyembuhan, termasuk kemoterapi. Ia juga rela untuk menggunduli kepalanya.

Meski harus merogoh kocek lebih dalam dan menerima efek yang dihasilkan dari kemoterapi, Ria tak pernah mengeluh. Justru ia tetap tegar dalam kesakitannya.
Selama proses penyembuhan, peraih nominasi Aktris Terbaik di Festival Film Asia Pasifik 2003 ini hanya berharap mendapat secercah harapan untuk sembuh dan menjalani hidupnya seperti sedia kala.
Meski masalah penyakitnya belum usai, namun Ria masih bisa merasakan kebahagiaan di ujung akhir tahun 2016. Apalagi kalau bukan karena keputusannya untuk melepas kesendirian dan menikah dengan Mayky Wongkar (35), sosok laki-laki yang selama 11 tahun ini dikenal sebagai asisten pribadi Ria.
Lucunya ternyata Mayky sudah sejak lama mengajak Ria berumahtangga. Namun, sebanyak 4 kali juga Ria menolaknya.

Ria Irawan Menikah

Ria Irawan Resmi menikah dengan Mayky Wongkar pada Jumat (23/12). (Foto: Facebook Ria Irawan)
Tapi jodoh tak kemana. Pasangan ini akhirnya menikah pada Jumat (23/12) pagi di KUA Kecamatan Cilandak dan dilanjutkan dengan acara syukuran secara sederhana di kediaman Ria di kawasan Lebak Bulus.
Bagi Ria, Mayky adalah sosok pria bertanggung jawab dan setia. Kesetiaannya sudah teruji selama 11 tahun terakhir ini. "Dia setia banget menemani saya, meskipun saya sudah babak belur," ungkap Ria saat ditemui di kediamannya.
Mayky memang termasuk pria yang sangat berbesar hati menerima kondisi Ria apa adanya, termasuk kondisi Ria yang sudah tidak memiliki rahim, layaknya seorang perempuan. Namun pria kelahiran 1981 ini tidak mempermasalahkan hal tersebut. Ia percaya takdir sudah ada yang mengatur.
"Semoga dikasih (keturunan). Kan, enggak ada yang enggak mungkin," ujar Mayky yang berharap keajaiban dari Tuhan untuk sang istri tercinta.

Ria Irawan

Ria dan Mayky gelar syukuran pernikahan (Foto: Okta Susanto)
Bahkan Mayky juga tetap setia mendampingi Ria untuk menjalani proses kemoterapi lanjutan setelah Ria kembali divonis mengalami kanker rongga perut. "Tiga bulan lalu aku jatuh dari motor dan patah kaki kanan. Terus ulu hati sakit. Aku diemin karena aku pikir kanker aja sembuh masa keseleo enggak. Tapi ternyata setelah diperiksa ada masalah di rongga perut. Jadinya nanti aku di kemo lagi yang kedua tanggal 27 Desember," kata Ria.
Lalu bagaimana dengan rencana bulan madu? "Kita akan pergi umrah tanggal 2 Januari, setelah umrah akan dilanjutkan perjalanan ke Mesir. Nanti tanggal 13 Januari sudah sampai Jakarta kok," ujar Ria.
Bagaimana pun kondisimu saat ini, jangan pernah menyerah Ria! Dan selamat menempuh hidup baru bersama Mayky.



HiburanSelebritiArtisRia Irawan

500

Baca Lainnya