Menghafal Itu Mudah : Pesan dari Pakar Qira’at dan Tafsir Qur’an, KH Ahsin Sakho

Konten dari Pengguna
23 Oktober 2021 11:05
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Cerita Santri tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Menghafal Itu Mudah : Pesan dari Pakar Qira’at dan Tafsir Qur’an, KH Ahsin Sakho (282339)
searchPerbesar
Berkah bagi Daarul Qur'an dengan kehadiran KH Ahsin Sakho, Pakar Qira'at Sab'ah asli Indonesia.
Wisuda Tahfizh Nasional (WTN) 2021 menyimpan berbagai pesan berharga. Pesan yang datang dari siapa saja, santri yang diwisuda, para guru yang memberikan semangat dari atas podium, hingga para orang tua yang setia mendampingi anak menghafal hingga mereka bisa dipakaikan sebuah mahkota kemuliaan oleh sang anak.
ADVERTISEMENT
Dalam WTN 2021 ini, (22/10/2021), yang dilaksanakan di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang, juga hadir salah satu pakar Qira’at Sab’ah, KH. Dr. Ahsin Sakho Muhammad., MA. Tuturan ilmu dan pesan keluar dari bibir cucu pendiri Pondok Pesantren Darut Tauhid, Arjawinangun, Ciebon, KH Syathotri, ini kala ia naik panggung menyapa para wisudawan yang berjumlah lebih dari 300 santri tersebut.
Sejalan dengan tema WTN sebagai ajang apresisasi santri yang berhasil meraih prestasi atas hafalannya, hadirnya Kyai Ahsin bak menyuntikkan semangat untuk terus berkhidmad dengan kalamullah dan agama.
Menghafal Itu Mudah : Pesan dari Pakar Qira’at dan Tafsir Qur’an, KH Ahsin Sakho (282340)
searchPerbesar
Kyai Ahsin berjalan bersama pendiri Daarul Qur'an, KH Yusuf Mansur, dan para pimpinan Daqu.
Mula-mula, Kyai Ahsin mengatakan kalau capaian para santri ini adalah qul bi fadillah wa birrohmati, sebuah rahmat dan fadhillah dari Allah SWT.
“Al-Qur’an adalah nur. Berbanggalah dengan hafalan kalian. Karena ia adalah sebaik-baiknya teman berbicara,” tutur Kyai Ahsin.
ADVERTISEMENT
Ahli tafsir dan ilmu Al-Qur’an ini ternyata juga lihai dalam membuat pantun. Dalam kesempatan yang sama, ia menuturkan beberapa pantun yang nyentrik nan penuh makna.
“Menghafal Qur’an tak usah malu meski rambut sudah ubanan,” ujarnya dalam isi salah satu pantun yang ia buat.
Menurutnya, juga sejalan dengan pesan yang ada dalam pantun tersebut, Al-Qur’an bukan sesuatu yang sulit dihafal. Bahkan Allah menjanjikan kemudahan dalam menghafalnya.
“Anak-anak penghafal Qur’an sudah terbiasa menghadapi hal-hal yang sulit. Maka dia akan terbiasa menghadapi ilmu sosial dan eksak. Dipastikan pula jadi anak yang sholeh dan sholehah. Mereka juga akan menciptakan karakteristik,” terang Kyai Ahsin.
Meski begitu, keberhasilan hubungan para penghafal Qur’an dengan Al-Qur’annya kerap kali belum mencapai ttitik tertinggi. Kyai Ahsin pun menjelaskan kalau keberhasilan hubungan tersebut terjadi ketika kita sudah merasakan manis-nikmatnya membaca Al-Qur’an.
ADVERTISEMENT
Bukan tanpa alasan hal tersebut mesti diperoleh. Karena sebagai umat muslim, kita berkewajiban menjaga orisinalitas Al-Qur’an.
Menghafal Itu Mudah : Pesan dari Pakar Qira’at dan Tafsir Qur’an, KH Ahsin Sakho (282341)
searchPerbesar
Kyai Ahsin sesaat setelah naik podium untuk memberikan motivasi bagi para peserta WTN 2021.
“Al-Qur’an dan islam harus selalu dikawal. Maka Allah menjaga keaslian Al-Qur’an itu melalui penghafal Al-Qur’an,” ungkap Kyai Ahsin sembari memberikan selamat bagi para peserta WTN 2021 yang berhasil yang telah dipilih langsung oleh Allah SWT untuk memikul tugas mulia tersebut.
Kyai Ahsin pun mengapresiasi Daarul Qur’an yang sudah membuat Al-Qur’an berada dalam derajat yang mulia. “Kyai Yusuf adalah motor penggerak di Indonesia. Tahfizh tadinya di desa-desa saja, sekarang orang-orang kota juga bangga,” kata dirinya.
“Mudah-mudahan setiap santri nanti bisa bikin rumah-rumah tahfizh. Insya Allah Indonesia akan jadi lebih baik dengan para penghafal Al-Qur’an,” kata ia lagi melanjutkan pesannya.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020