News
·
3 Mei 2021 16:19

Universitas Kyushu, Menengok Pusat Riset dan Penelitian Terbesar di Kyushu

Konten ini diproduksi oleh Cerita Santri
Kyushu University merupakan universitas bergengsi di Jepang dan satu-satunya yang berada di Pulau Kyushu. Kampus ini pernah masuk sebagai peringkat ke-4 Universitas Pendidikan Tinggi di Jepang tahun 2020 versi majalah Times. Kampus ini juga merupakan pusat riset dan penelitian terbesar di Kyushu.
ADVERTISEMENT
Kampus ini menjadi kampus salah satu alumni Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, yaitu Miftakhul Nuuril Azizah. Mitha, panggilannya, kini sudah menyelesaikan studi S2 serta aktif sebagai asisten dosen di sana. Pengalamannya selama menimba ilmu di kampus yang berdiri sejak zaman kekaisaran Jepang ini akan ia bagikan sekaligus akan mengajak kita mengelilingi beberapa bagian penting kampus ini.
Mitha merupakan alumni angkatan 3 Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an. Pengalamannya “tahan banting” kala mondok di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an membuatnya mampu mencapai pencapaiannya. Kala pertama kali menginjakkan kaki di Jepang, Mitha sempat dipandang sebelah mata dengan kerudung yang menutupi kepalanya. Mitha juga kerap dibuat kerepotan dengan kebiasaan masyarakat Jepang yang cepat dan tanpa basa-basi. Namun, semua itu akhirnya mampu ia atasi hingga dirinya memutuskan menikah dan tinggal di sana.
ADVERTISEMENT
Bagian-bagian menarik dari kampus ini akan diperlihatkan oleh Mitha seperti perpustakaan 4 lantai yang dipenuhi buku-buku pelajaran nasional maupun internasional, hingga tempat ibadah buat umat muslim. Budaya Jepang yang terkenal karena kemandiriannya juga akan ditunjukkan olehnya dengan mengajak kita ke salah satu cafe halal di kampusnya, dengan pelayanan mandiri alias self-service.
*Selama bulan Ramadan, Alumni Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, bekerja sama dengan kumparan, akan mengajak kita berkeliling ke sejumlah destinasi yang menjadi pilar peradaban Islam.