News
·
31 Agustus 2019 3:47

3 Mahasiswa Universitas Khairun Ternate Raih Prestasi di Bali

Konten ini diproduksi oleh Cermat
3 Mahasiswa Universitas Khairun Ternate Raih Prestasi di Bali (6793)
Ketiga mahasiswa Unkhair saat menerima penghargaan di Bali. Foto: Istimewa
Kabar baik untuk Maluku Utara datang dari Acara Pekan Ilmiah Nasional Mahasiswa Indonesia (Pimnas) ke-32 yang digelar di Universitas Udayana Bali, sejak 26-30 Agustus 2019.
ADVERTISEMENT
Dalam accara tersebut, tiga mahasiswa dari Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara berhasil meraih penghargaan sebagai presentasi terfavorit untuk cabang Penelitian Sosial Humaniora pada acara tahunan yang dilaksanakan oleh Kemenristekdikti itu.
Hal itu disampaikan Abu Rahmat Ibrahim, salah satu coaching dari tiga mahasiswa tersebut, saat dihubungi cermat pada Sabtu (31/8).
Dosen Fakultas Pertanian Unkhair itu mengatakan, tiga peserta tersebut di bawah bimbingan Nani I. Rajaloa, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unkhair, yang mengangkat tajuk “Kearifan Lokal Suku Bajo yang Dinobatkan sebagai Manusia Laut”, dengan studi kasus Elan vital pada Suku Bajo di Pulau Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi.
Tiga mahasiswa itu, di antaranya Waode Fia Fangariam dari FKIP jurusan PKN, Roy Nurfan dari FKIP jurusan PKN, dan Rizkiwaty Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi.
ADVERTISEMENT
Peserta Pimnas, kata Abu Rahmat, berasal dari seluruh kampus di Indonesia yang telah lolos seleksi berkas Karya Ilmiah dan mengikuti monitoring dan evaluasi di tingkat regional.
"Pesertanya 12.000 orang, terdiri dari 400 tim yang telah lolos seleksi. Dari 4000 proposal hanya 400 yang lolos ke Pimnas," ujarnya.
Pada acara yang berisi pameran poster dan presentasi hasil penelitian ini, selain Abu Rahmat dan dosen pembimbing, ada juga coaching lain dari Unkhair yang ikut, yaitu Dr Nursjafani, serta tim desain Fadli.
---
Rajif Duchlun