kumparan
search-gray
Food & Travel31 Juli 2020 16:33

3 Wisata di Ternate yang Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Hari Raya Idul Adha

Konten Redaksi Cermat
3 Wisata di Ternate yang Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Hari Raya Idul Adha (141403)
Dari atas tebing yang juga sangat dekat dengan Batu Lubang ini, bisa menyaksikan matahari terbenam dengan sangat indah. Foto: Rajif Duchlun/cermat
Saat ini, tepatnya pada Jumat (31/7), umat Islam sedang merayakan hari raya Idul Adha. Kendati di masa pandemi corona, perayaan ini tetap bisa dirayakan, selama mengikuti protokol kesehatan.
ADVERTISEMENT
Bagi kalian yang sedang merayakan libur lebaran hari raya Idul Adha dan bosan di rumah terus, kalian bisa buka sedikit waktu untuk mengunjungi sejumlah destinasi di Ternate. Berikut cermat rangkum lima tempat wisata yang bisa jadi pilihan selama libur lebaran.
1. Danau Tolire
3 Wisata di Ternate yang Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Hari Raya Idul Adha (141404)
Danau Tolire Besar, Ternate, Maluku Utara. Foto: Rajif Duchlun/cermat
Danau Tolire adalah salah satu destinasi wisata di Ternate yang sudah sangat familiar. Berada lumayan jauh dari pusat kota. Menggunakan kendaraan motor atau mobil memakan waktu sekitar 40 menit.
Kendati begitu, lokasi ini bisa jadi pilihan buat keluarga atau pasangan untuk berlibur, menikmati sejumlah kuliner khas Maluku Utara, seperti pisang goreng mulu bebe, air guraka, hingga kepala muda gula merah.
Di daerah ini, terdapat dua danau, yakni Danau Tolire Kecil dan Danau Tolire Besar. Kalian bisa memilihnya. Di Tolire Kecil, pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam dengan sangat jelas.
ADVERTISEMENT
2. Telaga Nita atau Sou
3 Wisata di Ternate yang Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Hari Raya Idul Adha (141405)
Telaga Nita atau Sou, Ternate. Foto: Rajif Duchlun/cermat
Wisata ini berada di Ternate Tengah, Ternate, Maluku Utara, dan belum banyak diketahui orang. Kendati posisinya berdekatan dengan wisata Jikomalamo, ia seperti tersembunyi dari hiruk-pikuk keramaian.
Saat ini, orang-orang yang pernah mengunjungi terbiasa menyebutnya Telaga Nita. Namun, warga setempat sebagian mengenalnya dengan Telaga Sou. 
50 meter dari bibir pantai, memang terdapat sebuah telaga yang tenang. Tertutupi rimbun pepohonan yang lebat. Di tengahnya, berdiri sebuah bangunan seperti istana kecil kesultanan.
Panjang pantai sekira hanya 70 meter saja. Di depan pantai seperti teluk kecil dan setiap sisinya terdapat tebing bebatuan. Terlihat ombak dari laut lepas yang meriak, menuju tepi dengan tenang. Berenang di sini cukup nyaman. Gradasi laut biru hingga hijau tosca semakin mempercantik lokasi ini.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, di bawah pepohonan, terdapat dua warung dari warga setempat. Meja-meja kecil berderet. Letak kursi sengaja dibuat menghadap ke arah laut dengan lanskap Pulau Hiri serta gunung Jailolo yang tampak samar di belakangnya.
Jarak parkiran dengan titik wisata memang cukup jauh, sekitar 300 meter. Setelah memarkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki, melewati rimba pepohonan yang meneduhkan.
Sebagian pengunjung untuk sampai ke sini sering memilih menyewa speedboat kecil dari tempat wisata Jikomalamo.
3. Batu Lubang Pulau Hiri
3 Wisata di Ternate yang Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Hari Raya Idul Adha (141406)
Dari atas tebing yang juga sangat dekat dengan Batu Lubang ini, bisa menyaksikan matahari terbenam dengan sangat indah. Foto: Rajif Duchlun/cermat
Batu Lubang atau Gurabala merupakan salah satu destinasi yang ada di Pulau Hiri. Berbeda dengan dua tempat wisata sebelumnya. Untuk sampai ke sini harus menyeberangi laut, menggunakan speedboat atau kapal kayu.
Pulau Hiri memang berada di sisi Ternate. Untuk ke sini, bisa melalui pelabuhan yang berada di sisi selatan wisata Sulamadaha. Namun, kondisi pelabuhannya masih sangat terbatas.
ADVERTISEMENT
Penumpang yang akan ke Pulau Hiri harus angkat ujung celana untuk bisa naik ke atas speedboat atau kapal kayu karena tak ada jembatan. Hanya ada sebuah papan kecil yang diletakkan di bibir pantai. Tapi kalian tak menyesal kala sampai di Batu Lubang.
Berada di sisi tebing dan berhadapan langsung dengan laut luas, membuat lokasi ini sangat rekomendasi untuk spot foto. Dari tempat ini juga, kalian bisa menyaksikan momen matahari terbenam masuk ke perut bumi dengan sangat indah.
Selamat menikmati libur lebaran hari raya Idul Adha, ya. Jangan lupa, tetap menjaga protokol kesehatan saat sedang berada di luar rumah.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white