Pencarian populer
PUBLISHER STORY

ASDP Tetapkan Perubahan Jadwal Pelayaran pada April 2019

Salah satu kapal verry saat berada di perairan Ternate. (Foto: Olis)

Jadwal pelayaran kapal ferry dan perintis di wilayah Maluku Utara bakal berubah. Rencana tersebut akan ditetapkan pada April 2019. Perubahan jadwal ini merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM. 104 tahun 2017 dan Permenhub nomor PM. 154 tahun 2016.

Manager Operasional PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Ternate, Ali Tamher, Selasa (2/4), mengatakan, untuk pelayaran dari Pelabuhan Bastiong Ternate ke Sidangoli, Halmahera Barat, masih direvisi. "Karena KMP Kerapu masih diperbaiki," kata Ali.

Sebelumnya, pada Jumat (29/3), Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXIV Provinsi Maluku Utara, I Ketut Suhartana, melalui siaran tertulisnya mengatakan, perubahan jadwal ini sesuai dengan peraturan kementerian perhubungan. Ia berharap jadwal tersebut dapat dipatuhi untuk dilaksanakan.

"Kami juga meminta kepada unit kerja terkait agar dapat mendukung pelaksanaan jadwal operasi kapal yang dimaksud, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," harapnya.

Dari data yang dihimpun, jadwal operasi kapal lintas penyeberangan komersil di Maluku Utara untuk rute Bastiong - Sofifi, dilayani kapal milik ASDP. Seperti KMP Maming, KMP Baronang, KMP Portlink VIII, dan KMP Bobara. Sedangkan rute Sofifi Bastiong, dilayani kapal milik PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP), yaitu KMP. Mutiara Ferindo VI dan KMP Aeng Mas I.

Kepala Seksi Lalu Lintas ASDP Cabang Ternate, Yanuar Efan Thamrin, mengatakan Rute Bastiong - Rum Tidore (PP) dilayani KMP Kerapu II, KMP Maming, KMP Bobara, dan KMP Baronang. Jadwal ini sesuai dengan situasi.

Sedangkan rute Ternate - Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) dan Tobelo - Bitung akan ditetapkan oleh BPTD Sulut. "Kalau Tobelo - Daruba dilayani KMP Ngafi," katanya.

Rute lintasan Sofifi -Dowora Tidore, dan Bastiong Batang Dua dilayani KMP Bobara. Sedangkan lintasan Bastiong, Babang, Makian, Moti, Kayoa, Saketa, Madopolo, Mangole, Bobong, dilayani KMP Lompa dan KMP Pulau Sagori milik PT. ASDP. (OLIS)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32