News
·
15 Agustus 2020 10:29

Bangun Pelabuhan Feri Hubungkan Malut-Papua Barat, Kemenhub Anggarkan Rp 78 M

Konten ini diproduksi oleh Cermat
Bangun Pelabuhan Feri Hubungkan Malut-Papua Barat, Kemenhub Anggarkan Rp 78 M (81665)
Kepala Dinas Perhubungan Malut Armin Zakaria. Foto: Istimewa
Kementerian Perhubungan bakal membangun pelabuhan feri megah di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Provinsi Maluku Utara.
ADVERTISEMENT
Pelabuhan tersebut akan membuka akses Maluku Utara dan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.
Kepala Dinas Perhubungan Maluku UtaraArmin Zakaria mengungkapkan, pembangunan pelabuhan feri tersebut dijadwalkan paling lambat awal Oktober tahun ini. Anggaran puluhan miliar telah disiapkan lewat APBN untuk pembangunan.
Bangun Pelabuhan Feri Hubungkan Malut-Papua Barat, Kemenhub Anggarkan Rp 78 M (81666)
“Targetnya pada 2021 pelabuhan sudah beroperasi. Anggaran yang disiapkan pun tergolong besar yakni Rp 78 miliar dengan progres awal direncanakan berjalan di awal Oktober 2020 dengan pencairan senilai Rp 11 miliar di tahap satu," ungkap Armin, Sabtu (15/8).
Menurut Armin, pelaksanaan tender proyek pembangunan tersebut sudah dilakukan. Anggaran tahap satu bakal digunakan untuk pembangunan tiang pancang dan reklamasi.
"Target kami di Oktober 2021 itu dermaga sudah bisa difungsikan," sambungnya.
Armin bilang, Pemerintah Provinsi telah melihat banyak potensi di Halteng yang perlu mendapat dukungan infrastruktur, salah satunya transportasi laut.
ADVERTISEMENT
"Pelabuhan ini disiapkan untuk penyeberangan Halteng-Papua Barat. Banyak potensi wisata di sana yang akan mempermudah wisatawan dari Raja Ampat untuk berkunjung ke Halteng karena aksesnya sangat dekat," pungkasnya.