News
·
18 April 2021 17:01

Forkopimda Halmahera Utara Cek Pengamanan PSU di Desa Tetewang

Konten ini diproduksi oleh Cermat
Forkopimda Halmahera Utara Cek Pengamanan PSU di Desa Tetewang (37769)
Pj Bupati Halmahera Utara saat menyambangi pos pengamanan PSU di Desa Tetewang. Foto: Istimewa
Penjabat Bupati Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, memastikan kesiapan pengamanan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Halut dengan meninjau pos pengamanan TNI-Polri di Desa Tetewang, Kecamatan Kao Teluk, Minggu (18/4).
ADVERTISEMENT
Dalam peninjauan tersebut, Pj Bupati Saifuddin Djuba didampingi Kapolres Halut AKBP Priyo Utomo Teguh Santoso dan Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra.
Tempat pemungutan suara (TPS) yang dicek Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ini adalah TPS 02 Desa Tetewang.
Saifuddin mengatakan, Desa Tetewang adalah salah satu lokasi yang diputuskan Mahkamah Konstitusi untuk dilakukan PSU.
“Untuk itu saya mengharapkan kita dapat bergandengan tangan untuk menjaga kondisi keamanan sehingga dapat berjalan tertib dan aman,” ucapnya.
“Silahkan berbeda pilihan tetapi kedamaian, kebersamaan dan kekompakan tetap dijaga bersama,” pesan Saifuddin.
Dandim 1508/Tobelo menambahkan, TNI-Polri bersikap netral dalam pelaksanan PSU Pilkada ini.
“Siapapun yang nantinya terpilih itulah bupati kita 5 tahun yang akan datang. Oleh sebab itu mari kita jaga keamanan bersama sehingga dapat berjalan dengan aman dan tertib,” tegasnya.
ADVERTISEMENT
Putra bilang, apabila ada kendala dan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi masyarakat segera melaporkan kepada aparat yang ada di wilayah tersebut, baik Polri maupun TNI.
"Kodim 1508/Tobelo siap mengawal keamanan pelaksanaan PSU di sejumlah titik di Halut sehingga tercipta situasi yang aman dan tertib,” pungkasnya.
Sementara Kapolres Halut mengatakan, pada PSU nanti tiap TPS diamankan 1 Satuan Setingkat Peleton (SST) gabungan anggota Polri dan TNI.
"Dan juga kegiatan patroli dilaksanakan, imbauan, sambang warga bersama dengan Polri dan TNI,” ucapnya.
Priyo menambahkan, menjelang 28 April tentunya ada pihak-pihak yang mencoba mempengaruhi, karena itu warga diminta sama-sama menjaga kesuksesan PSU.
“Mari sama-sama kita sukseskan PSU Pilkada Halmahera Utara tahun 2021 ini,” pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan keputusan sidang perselisihan hasil pemilihan, Mahkamah Konstitusi memutuskan dilakukan PSU di empat TPS dan pemungutan suara susulan di satu TPS di lingkungan PT Nusa Halmahera Minerals.
Empat TPS PSU adalah TPS 02 Desa Tetewang Kecamatan Kao Teluk, TPS 07 Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo, serta TPS 01 dan TPS 02 Desa Supu Kecamatan Loloda Utara. (Samsul Hi Laijou)