News
·
16 Januari 2020 22:18

Hanya 2 Balon Bupati Halbar yang Hadiri Uji Kelayakan Partai Golkar

Konten ini diproduksi oleh Cermat
Hanya 2 Balon Bupati Halbar yang Hadiri Uji Kelayakan Partai Golkar (437769)
Sekretaris DPD II Golkar Halbar, Marthin Marau. Foto: Iin
Fit and proper test yang diselenggarakan DPD I Partai Golkar di Grand Dafam Ternate, pada Selasa (14/1) dihadiri sejumlah bakal calon (balon) kepala daerah kabupaten dan kota di Maluku Utara. Untuk Halmahera Barat (Halbar) hanya dua nama yang mengikuti uji kelayakan tersebut.
ADVERTISEMENT
Mulanya ada lima nama dari Halbar yang mendaftar sebagai balon di Golkar, di antaranya Noldi May, Zakir Mando, Nikolaus Tangayo, James Uang, dan Bustamin Albar.
Namun, hanya ada balon Bupati, yakni Ahmad Zakir Mando dan James Uang yang hadir. Keduanya kini tinggal menunggu hasil survei.
Sekretaris DPD II Golkar Halbar, Marthin Marau, kepada cermat, Kamis (16/1) mengatakan, soal rekomendasi ini akan diketahui siapa yang memperolehnya ketika selesai survei.
“Namun, yang lolos fit an proper test hanya Zakir Mando dan James Uang, sehingga hanya mereka berdua yang turut serta di dalam survei nanti,” ucap Marthin.
“Rekomendasi nantinya DPD I mengacu dari hasil survei. Dari hasil survei, siapa yang paling tinggi nanti kita lihat, kalau sinyal DPD sendiri dalam rapat tertutup itu memprioritaskan kader Golkar, tapi tentu tidak mengabaikan hasil survei itu,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Ia bilang, mengenai rekomendasi diperkirakan akan jatuh pada Februari mendatang. Ia mengaku, rekomendasi ini sendiri akan keluar dari meja Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto.
“Dan komunikasi untuk para elit politik itu sudah berjalan, cuma dalam tahapan penentuan dan lain-lain itu belum bisa kita buka dan ini masih sebatas komunikasi,” jelasnya. (Iin/rd)