News
·
14 April 2021 19:53

Harita Grup Beri 1 Unit Mobil Sampah ke Pemkot Ternate

Konten ini diproduksi oleh Cermat
Harita Grup Beri 1 Unit Mobil Sampah ke Pemkot Ternate (143064)
Penyerahan secara simbolis dari PT Harita Grup kepada Pemkot Ternate. Foto: Yunita Kadir/JMG
Pemerintah Kota Ternate mendapat bantuan satu unit mobil sampah dari PT Harita Grup. Penyerahan kunci mobil jenis truk Hino ini dilakukan pada Rabu (14/4) di Ternate.
ADVERTISEMENT
"Saya ucapkan terima kasih kepada pihak Harita yang telah berpartisipasi, membantu pemerintah kota dalam menangani persoalan sampah," kata Penjabat Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang, kepada sejumlah wartawan usai penyerahan.
Ia bilang, mobil tersebut masih dalam proses pengiriman. Dibutuhkan waktu sekitar satu dua bulan untuk tiba di Ternate.
“Kalau mobilnya sudah sampai, langsung dioperasikan. Karena ini kan mobil baru, jadi harus di-inden dulu," ujar Kepala Dinas ESDM Maluku Utara ini.
Menurutnya, salah satu kendala penanganan sampah di Ternate adalah kurangnya armada, sehingga tambahan satu unit mobil sampah ini akan sangat bermanfaat dan membantu Pemkot dalam upaya menjaga kebersihan di Ternate.
Selain PT Harita, Hasyim mengaku juga sudah melayangkan surat ke beberapa perusahaan lain, termasuk NHM dan PT IWIP. Namun sejauh ini belum ada tanggapan dari dua perusahaan tersebut.
ADVERTISEMENT
"Saya harap dalam waktu dekat NHM dan IWIP juga dapat memberikan bantuan mobil sampah. Karena perusahaan yang ada kan pintu masuknya adalah Ternate. Jadi saya harap ada kontribusi atau bantuan dari pihak perusahaan," pungkasnya.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate, Tonny S. Pontoh, mengaku menyambut baik bantuan armada pengangkut sampah dari PT Harita tersebut.
Ia mengatakan, saat ini armada pengakut sampah di Kota Ternate sangat minim, dan itu menjadi kendala.
Meski begitu, ia mengaku belum tahu pasti bantuan mobil yang telah diserahkan secara simbolis ke Pj Wali Kota tersebut.
“Karena mobilnya masih dalam pesanan. Kalau sudah ada, langsung dioperasikan,” tandasnya.
___
Yunita Kadir