News
·
25 September 2020 11:21

Panen Raya di Halmahera Utara, Petani Galela Terbaik di P2L

Konten ini diproduksi oleh Cermat
Panen Raya di Halmahera Utara, Petani Galela Terbaik di P2L (51253)
Dispan Maluku Utara saat menyerahkan bingkisan pada petani di Halmahera Utara. Foto: Istimewa
Panen Raya tanaman hortikultura yang dilaksanakan di Kabupaten Halmahera Utara oleh Dinas Ketahanan Pangan (Dispan) Provinsi Maluku Utara, pada Kamis (24/9), berdampak positif bagi kelompok tani beberapa daerah, di masa pandemi corona.
ADVERTISEMENT
Panen dalam program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Maluku Utara (Malut) itu, Kelompok Tani Talaga Maloha, Desa Togawa Besi, kecamatan Galela Selatan memperoleh terbaik pertama. Sementara Ternate memperoleh terbaik kedua dan Halmahera Selatan (Halsel) memperoleh terbaik ketiga.
Kadis Ketahanan Pangan Malut Sri H. Hatari mengatakan, kegiatan hari tani nasional tahun 2020 yang dilakukan Kementerian Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Malut dengan agenda pada 24 september, untuk Malut panen raya dilakukan di Desa Togawa Besi, Kecamatan Galela Selatan.
Panen Raya di Halmahera Utara, Petani Galela Terbaik di P2L (51254)
Foto bersama dalam kegiatan Panen Raya. Foto: Istimewa
"Panen raya P2L seluruh Indonesia di Malut, Kelompok P2L terbaik 1 Kelompok Talaga Maloha desa Togasa Besi, Ternate terbaik II, dan Halsel terbaik III. Kegiatan ini difasilitasi Pemda Halut. Selanjutnya kami juga bersama Yayasan Bina Tani Sejahtera untuk melakukan kerjasama nantinya," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Sri bilang, kegiatan hari tani nasional, difokuskan untuk bagaimana pemanfaatan pangan lestari di tengah pandemik COVID-19. "Harapan kami agar apa yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi petani untuk mencukupi hidup di masa pandemi. Kemudian menjadi satu solusi terbaik dalam pengembangan pangan lokal," jelasnya.
Sementara Koordinator Kelompok Tani Talaga Maloha, M. Rifai Sadoki juga berharap dalam kegiatan kegiatan yang disponsori Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Malut dan Pemda Halut terus mendapatkan perhatian khusus ke depannya, agar Galela dapat dijadikan lumbung tanaman hortikultura.
---
Agus S