kumparan
KONTEN PUBLISHER
14 Juli 2019 18:17

Warga Halmahera Selatan Mengungsi Usai Diguncang Gempa 7,2 Magnitudo

WhatsApp Image 2019-07-14 at 19.37.29.jpeg
Warga Bacan yang mengungsi ke Mapolres Halmahera Selatan. Foto Istimewa
Warga Bacan dilanda kepanikan usai diguncang gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter yang berpusat di lepas pantai Timur Laut Labuha. Beberapa warga tampak mengungsi di depan Aula Kantor Bupati dan Polres Halmahera Selatan.
ADVERTISEMENT
Menurut informasi yang dihimpun cermat, saat ini warga Bacan sedang mengungsi ke daerah ketinggian. Beberapa di antaranya tampak mengungsi di depan Aula Kantor Bupati Halmahera Selatan dan juga area Mapolres Halsel.
WhatsApp Image 2019-07-14 at 19.32.27.jpeg
Warga Bacan yang mengungsi ke Kntor Bupati Halmahera Selatan. Foto Istimewa
Ghazali, salah seorang warga Bacan mengatakan, warga yang mengungsi tampak membawa serta barang-barang dan tas yang berisi pakaian, juga surat-surat berharga. Kabarnya, getaran terasa hingga di Pulau Obi.
Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=7,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,56 LS dan 128,06 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 63 km arah timur Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Propinsi Maluku Utara pada kedalaman 10 km.
WhatsApp Image 2019-07-14 at 19.37.26.jpeg
Warga yang mengungsi di Mapolres Halmahera Selatan. Foto Istimewa
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Sorong-Bacan. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar.
ADVERTISEMENT
Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Obi V MMI (getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), Labuha III MMI, Manado, Ambon II-III MMI, Ternate, Namlea, Gorontalo, Sorong, Bolaang Mongondow II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunam.
---
Rizal Syam, Ays
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan