10 Sekuritas Terbaik di Indonesia untuk Investasi Saham

Membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan keuangan dengan Cermat dan Tepat! Temukan produk keuangan terbaikmu di Cermati.com.
Konten dari Pengguna
30 September 2021 18:39
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Cermati tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
10 Sekuritas Terbaik di Indonesia untuk Investasi Saham (290401)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Investasi saham di pasar modal harus melalui perantara perusahaan efek. Artinya cara jual beli saham tidak bisa langsung melalui Bursa Efek Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan efek adalah pihak yang telah memperoleh izin dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek (Broker-Dealer), Penjamin Emisi Efek (Underwriter), dan Manajer Investasi (MI).
Jika investasi reksadana harus melalui Manajer Investasi, investasi saham lewat perusahaan sekuritas atau yang disebut juga dengan broker saham.
Apa Itu Sekuritas?
Sekuritas adalah perusahaan yang telah mendapatkan izin dari OJK untuk dapat melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek (Broker-Dealer), Penjamin Emisi Efek (Underwriter), atau kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pengawas pasar modal.
Kegiatan usaha lain perusahaan sekuritas, seperti menawarkan jasa Manajer Investasi untuk mengelola dana investasi reksadana dari para investor. Jadi, sebenarnya perusahaan sekuritas setali tiga uang asalkan ada lisensi dari OJK.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, ada banyak sekali perusahaan sekuritas yang terdaftar resmi di OJK. Namun manakah perusahaan sekuritas terbaik?
Cermati.com akan memberikan daftar sekuritas terbaik di Indonesia untuk investasi saham berdasarkan data BEI selama periode Januari-Agustus 2021.
1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia (YP)
Mirae Asset Sekuritas mencatatkan total perdagangan saham senilai Rp 472,64 triliun dalam delapan bulan ini. Total volume transaksi saham mencapai 869,30 miliar saham.
Perusahaan sekuritas ini memiliki rata-rata MKBD (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) senilai Rp 1,8 triliun. Untuk diketahui, MKBD dapat menjadi pertimbangan kamu dalam memilih sekuritas atau broker saham.
Kalau di bank, besar kecilnya modal inti disebut BUKU, tetapi jika di sekuritas dikenal dengan istilah MKBD. Sekuritas tertinggi memiliki MKBD minimal Rp 250 miliar.
ADVERTISEMENT
Baca artikel selengkapnya, disini!