kumparan
KONTEN PENGGUNA
7 Januari 2020 16:07

9 Pekerjaan Paling Banyak Dicari di 2020. Segera Siapkan CV Terbaikmu

IT (1).jpg
Yeay, sudah masuk tahun 2020. Apa rencana kariermu di tahun baru ini? Pastinya ingin yang terbaik, seperti naik jabatan, naik gaji, dapat bonus, punya bos atau atasan yang adil dan bijaksana, rekan kerja yang asyik, atau malah mau pindah kantor baru.
ADVERTISEMENT
Apapun resolusi untuk kariermu, semoga terwujud. Bukan lagi sekadar daftar harapan yang hanya tertulis di kertas, tapi juga menjadi kenyataan. Namun resolusi ini harus diiringi usaha atau ikhtiar sehingga dapat tercapai.
Laporan World Economic Forum (WEF) menyatakan, sebanyak 5 juta pekerjaan bakal hilang di tahun 2020 akibat perubahan demografis dan kemajuan teknologi. Tapi tenang saja, ada beberapa pekerjaan yang justru tetap bersinar dan paling banyak dicari di tahun 2020.
Berikut daftar pekerjaan yang menjanjikan di tahun ini:
1. Digital Marketing
Sepertinya pekerjaan ini masih populer di tahun 2020 dan di masa depan seiring perkembangan teknologi dan internet. HRD membutuhkan banyak tenaga di bidang digital marketing.
ADVERTISEMENT
Spesifiknya memiliki kemampuan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), data analisis, email marketing, CMS (Content Management System), serta aktif di media sosial.
Tentu saja tim digital marketing bertanggung jawab untuk memasarkan produk dan jasa yang dijual perusahaan melalui kanal digital, seperti website, email, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube), blog, dan channel digital lainnya.
Peran digital marketing dalam sebuah perusahaan sangat penting. Untuk menjalankan promosi sesuai target pasar yang dibidik. Contohnya berdasarkan lokasi, minat, penghasilan per bulan, umur, dan masih banyak lainnya.
  • Gaji staf digital marketing = Mulai dari Rp 5 juta-13 juta per bulan.
2. Guru
Berdasarkan data Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Indonesia kekurangan sebanyak 1,1 juta guru. Sementara versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kekurangan guru mencapai lebih dari 870 ribu orang. Kekurangan guru terbanyak untuk tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD).
ADVERTISEMENT
Bukan cuma dari sisi kuantitas, penyebaran guru pun tidak merata. Akibatnya, jumlah guru di daerah terpencil dan terpesolok sangat sedikit. Solusinya guru lain harus mengajar rangkap. Kalau begini terus, bagaimana kualitas pendidikan di Indonesia mau maju?
Oleh karena itu, pekerjaan guru yang mulia ini masih sangat dibutuhkan. Guru-guru yang sudah pensiun juga kan harus diganti. Indonesia membutuhkan guru terampil, kreatif, inovatif, dan guru profesional. Begitu vitalnya peran guru dalam memperbaiki mutu pendidikan di Tanah Air.
  • Gaji guru = Mulai dari Rp2 juta-8,5 juta per bulan.
Baca artikel selengkapnya di sini.