kumparan
25 Juli 2019 17:27

Awas! Ada Penipuan Catut Nama OVO dan GoPay

OVO website.jpg
Aplikasi OVO via ovo.id
Siang ini ketika saya lagi asyik menyeruput segarnya es kopi sembari menikmati suasana panasnya ibu kota, tiba-tiba ada telepon dari nomor tak dikenal masuk. Otomatis saya langsung angkat dan menjawab panggilan nomor telepon tak dikenal tersebut dengan suara ramah.
ADVERTISEMENT
Ternyata, tanpa basa-basi, terdengar suara ‘mas-mas’ yang langsung memperkenalkan diri dengan nada suara meyakinkan, “Siang, saya dari OVO Indonesia dan ingin memverifikasi apa benar ini nomor telp Anda 081********* ?.”
Otomatis saya menjawab “YA betul, ada apa?,” Si penelpon kembali mengatakan dengan nada suara cepat nan tegas “Anda mendapatkan hadiah dari OVO senilai Rp2 juta atas transaksi belanja dari department store X, apakah Anda memilih pengiriman hadiah Rp 2 juta melalui transfer via OVO atau di rekening bank Anda?.”
Dari sini saya sudah curiga, tanpa basa-basi saya jawab “Maaf tidak tertarik Mas!,” Respon singkat saya dibalas dengan aksi si ‘mas-mas’ penelpon menjawab dengan nada keras “OK” dan sambungan telepon langsung terputus!
ADVERTISEMENT
Apakah pengalaman ini pernah kamu alami juga? Kabar telepon menang undian berhadiah? Semoga hal ini belum atau tidak terjadi padamu. Sebab sekelumit cerita diatas adalah bagian dari cerita kronologi modus penipuan berkedok bagi-bagi hadiah ratusan hingga jutaan rupiah.
Baca artikel selengkapnya di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan