kumparan
23 April 2019 11:27

Bisnis Menjanjikan: Yuk, Intip Peluang dan Cara Menjadi 'Buzzer'!

Buzzer (1).jpg
Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, seolah apa saja bisa jadi peluang yang menjanjikan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Bagaimana tidak, mulai dari produk dan jasa yang dulunya ditawarkan atau dilakukan secara konvensional, kini bisa dengan mudah serta cepat di pasarkan secara online.
ADVERTISEMENT
Hampir setiap orang pun kini bisa unjuk kemampuan dan menawarkan kelihaiannya akan suatu hal yang menghasilkan keuntungan. Bermodal gadget dan koneksi internet, dengan mudah orang jadi terkenal atau berbagai informasi tersebar.
Bicara peluang usaha yang banyak ditawarkan di era teknologi ini, kini ada istilah profesi sebagai ‘buzzer’ di media sosial. Tentu saja, bisnis yang satu ini ternyata tak bisa dipandang sebelah mata.
Sebab nyatanya bisnis ini peluangnya cukup besar dengan hasil yang menjanjikan, seiring dengan pergeseran interaksi masyarakat dari konvensional ke media sosial, yang istilahnya dikenal sebagai warga internet (netizen/internet citizen).
Apa itu Bisnis ‘Buzzer’?
Kata buzzer sendiri berasal dari bahasa Inggris, yakni ‘buzz’ yang artinya berdengung. Namun istilah ini lebih ditujukan pada subjek, yaitu buzzer yang diartikan sebagai ‘pemengaruh’.
ADVERTISEMENT
Di media sosial, buzzer ini punya misi sebagai orang yang memengaruhi orang lain melalui pembahasan atau pembicaraan terkait produk/jasa/merek, dengan tujuan publik bisa mengenal dan tertarik terhadap produk atau jasa serta merek tersebut.
Jadi, seorang buzzer ini akan mendengungkan informasi-informasi dari suatu produk/jasa/brand agar diketahui oleh banyak orang secara efektif melalui jejaring media sosial. Tak heran bila bisnis buzzer kini mulai banyak dilirik orang untuk mencari penghasilan, maupun pelaku usaha untuk memperkenalkan produk, jasa atau brand yang dimiliki.
Bisnis ‘Buzzer’ Menjanjikan
Menjadi buzzer, artinya Anda bekerja mengandalkan kemampuan untuk memengaruhi orang lain. Dan bisnis ini dinilai memiliki peluang yang cukup besar karena setiap usaha tentunya membutuhkan promosi agar produk/jasa/brand mereka dikenal.
ADVERTISEMENT
Melalui tangan para buzzer media sosial inilah berbagai produk dan jasa maupun merek suatu usaha itu bisa cepat dikenal oleh masyarakat. Tak heran bila permintaan akan jasa buzzer oleh kalangan perusahaan semakin meningkat.
Sistem pembayaran bisnis buzzer ini biasanya per project dan tarif per project juga bermacam-macam tergantung tarif yang dipasang, mulai dari puluhan juta, hingga ratusan juta rupiah per project. Bisa dibayangkan bila Anda mendapat order 1 project yang dihargai Rp100 juta dalam sebulan, lumayan bukan?
Bagaimana Cara Menjadi ‘Social Media Buzzer’?
Namanya juga pemengaruh, maka orang yang ini menekuni profesi sebagai buzzer di media sosial tentunya harus tahu cara memengaruhi orang lain. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk bisa menjadi buzzer sukses dan mendapat banyak orderan?
ADVERTISEMENT
Tak sulit, Anda bisa mengasah kemampuan komunikasi, tergantung apakah model yang digunakan secara visual atau cukup dengan kalimat berupa artikel. Jika secara visual, maka Anda harus jago ngomong. Sebaliknya, jika model buzzer yang digunakan adalah artikel, Anda harus cukup mahir dalam mengolah kata.
Tak perlu bingung lagi, Cermati.com telah rangkum cara dan tips bisnis buzzer di media sosial yang dirangkum dari berbagai sumber seperti berikut ini.
1. Tahu Cara Bikin Sesuatu Bisa Cepat Jadi ‘Trending Topic
Hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang buzzer media sosial adalah harus bisa dan tahu cara membuat sesuatu itu dengan mudah cepat menyebar di tengah masyarakat dan menjadi trending topic. Jika Anda sudah mampu akan hal ini, maka Anda sudah selangkah lebih maju menjadi buzzer handal.
ADVERTISEMENT
Semakin cepat sesuatu itu tersebar di kalangan netizen, maka makin cepat pula suatu produk/jasa/brand itu dikenal. Kalau sudah begitu, semakin cepat pula memengaruhi orang untuk membeli produk atau jasa, hingga memiliki konsumen yang loyal.
2. Punya Jaringan yang Banyak
Namanya juga buzzer, maka Anda harus punya jaringan yang banyak dan kuat di media sosial bila ingin berbisnis di bidang yang satu ini. Dengan jaringan yang luas, artinya Anda bisa dengan mudah menyampaikan apa yang Anda ingin dari para netizen ketahui dengan segera.
Tentu saja, semakin banyak jaringan, maka makin bagus pula untuk menunjang kerja Anda dalam upaya memengaruhi masyarakat dengan berbagai produk/jasa/brand dari project yang Anda dapatkan.
3. Punya Anggota (Kerja Tim)
ADVERTISEMENT
Untuk berbisnis buzzer, tidak akan maksimal jika Anda bekerja sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki tim yang terdiri dari beberapa anggota yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing.
Punya anggota tim juga akan mempermudah memperluas jaringan untuk mengumpulkan informasi. Dan hal ini juga penting untuk meningkatkan serta mengumpulkan pengikut secara efektif dan efisien.
4. Pandai Membuat Konten
Selain itu, Anda juga harus pandai membuat konten. Sebab dengan konten yang menarik, maka akan dengan mudah Anda bisa memengaruhi orang lain yang melihat atau membacanya.
Dengan konten yang menarik pula, maka akan mudah menggiring orang lain untuk melakukan tanya-jawab seputar konten yang Anda publikasi tersebut. Sehingga pesan yang ingin Anda sampaikan melalui konten ini bisa dengan mudah sampai ke orang lain.
ADVERTISEMENT
5. Paham Jurnalistik
Salah satu syarat menjadi buzzer lainnya adalah Anda juga harus paham soal jurnalistik. Sebab dengan paham jurnalistik, maka konten yang Anda sebarkan juga akan terlihat meyakinkan.
Jadi, jika Anda tidak punya keahlian di bidang jurnalistik, jangan langsung menyerah, pelajari buku-buku jurnalistik yang ada dan pahami. Sebab ilmu jurnalistik ini penting untuk membuat konten sebagai bahan pencitraan suatu produk atau jasa maupun brand.
Jadilah 'Buzzer' yang Profesional dan Punya Hati Nurani
Tentu yang namanya buzzer, Anda bisa dengan mudah menggiring atau memengaruhi dengan apa pun di tengah-tengah masyarakat. Maka dari itu, ada istilah buzzer negatif karena lebih menyebarkan isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Oleh karena itu, jadilah buzzer yang berhati nurani dan profesional dengan menyebarkan hal-hal yang positif, bukan konten hoax. Anda bisa menerima order-order dari berbagai perusahaan yang memang produk atau jasanya dibutuhkan oleh masyarakat luas.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan