kumparan
6 Mei 2019 16:54

Jadwal Imsak dan Tips agar Puasa Lancar Jaya

Ramadan (1).jpg
Waktu cepat berlalu, tidak terasa kita kembali memasuki bulan Ramadan. Sudah tahu belum jadwal imsak dan buka puasa di tahun ini? Kalau belum, yuk tengok jadwal dan tips puasa agar lancar jaya.
ADVERTISEMENT
Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa, bulan penuh ampunan, bulan penuh rahmat, dan setiap berbuat kebajikan akan mendapat pahala yang berlipatganda. Pastikan Anda telah mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa
Jadwal puasa ramadan selengkapnya di sini.
Tips agar Puasa Anda Lancar Jaya
1. Niat Lahir dan Batin
Niat merupakan landasan paling awal ketika ingin melakukan sesuatu. Adanya niat pada diri ini akan berdampak pada proses dan hasilnya kemudian hari. Memang benar, setiap manusia tidak akan bisa memprediksi hasil baik atau buruk, tapi jika dari awal sudah niat maka ada kemungkinan mendapatkan kemudahan pada prosesnya dan tentu akan memberikan hasil baik.
ADVERTISEMENT
Siapkan diri berniat lahir dan batin, agar mendapatkan kelancaran saat berpuasa. Selain itu, Anda mendapatkan kelancaran beribadah dan bisa merasakan kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT. Artinya, Anda akan selalu menjaga hati, pandangan atau perilaku buruk sekalipun.
"Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa."
Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'aala.
2. Prioritaskan Ibadah daripada Media Sosial
Bermain media sosial boleh-boleh saja, tapi alangkah baiknya jika waktunya itu digantikan dengan berbuat kebaikan salah satunya dengan beribadah seperti mengaji, bersedekah, dan hal positif lainya atau Anda juga bisa gunakan media sosial mencari informasi keagamaan agar ilmu yang dimiliki semakin bertambah.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya itu saja, sekarang ini dengan menggunakan smartphone Anda juga bisa mengaji dengan aplikasi Al-Qur'an yang di download di play store. Sementara untuk mendengarkan tausiah keagamaan tidak perlu lagi harus berkunjung ke masjid atau perkumpulan pengajian, Anda hanya tinggal membuka Youtube dan mencari tema tausiah yang ingin didengarkan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan kebaikan di mana dan kapan saja.
Ingatlah selalu prioritaskan beribadah daripada hanya membuang waktu untuk melihat postingan yang bisa saja mengurangi pahala, seperti foto atau video makanan, minuman, dan sebagainya. Allah SWT akan memberikan pahala dengan jumlah yang banyak jika selalu beribadah kepada-Nya, baik ibadah yang besar maupun kecil.
3. Jaga Kesehatan
Pada umumnya, kebanyakan orang akan mengabaikan kesehatan saat berpuasa. Faktanya, setiap berbuka puasa pastinya Anda akan lebih memilih menyantap gorengan, makanan dan minuman yang manis. Jika mengkonsumsi makanan dan minuman seperti itu secara terus menerus maka kesehatan Anda akan terganggu di kemudian hari.
ADVERTISEMENT
Agar selalu sehat, sebaiknya mulailah mengurangi makanan dan minuman yang tidak sehat. Tidak ada salahnya mengubah menu hidangan berbuka puasa dengan yang sehat. Hal itu tidak akan mengurangi kenikmatan Anda saat berpuasa. Jangan lupa imbangi dengan minum air putih, vitamin, dan melakukan olahraga ringan agar kesehatan tetap terjaga.
Lakukan dengan Setulus Hati
Tidak sedikit orang yang beragama Islam menjalankan puasa hanya sebatas melakukannya karena kewajiban, namun tidak dijalankan dengan baik. Lakukanlah ibadah puasa Anda dengan hati yang tulus ikhlas agar ibadah yang dilakukan tidak sia-sia dan pastinya akan mendapatkan keberkahan, serta kenikmatan di bulan suci Ramadan.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan