kumparan
18 September 2019 17:20

Makin Mudah, Ini Cara Bayar PBB di Tokopedia, Traveloka, dan Indomaret

PBB (1).jpg
PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan merupakan pungutan biaya pajak atas tanah dan bangunan atas adanya keuntungan berdasarkan kedudukan sosial ekonomi bagi seseorang atau badan yang memiliki suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya.
ADVERTISEMENT
Objek yang termasuk PBB mulai dari tempat tinggal, tempat usaha, gedung bertingkat, Mal atau tempat perbelanjaan lainnya, kebun, tanah, tambang, sawah, pagar rumah atau kantor yang sangat mewah, kolam renang dan masih banyak lainnya.
Sementara itu ada beberapa objek tanah dan bangunan yang dibebaskan oleh pajak, yaitu untuk kepentingan umum. Misalnya saja, bangunan atau sarana pendidikan, bagunan ibadah, kesehatan, lahan pemakaman dan sebagainya.
Setiap wajib pajak akan melakukan kewajibannya membayar PBB ini setiap tahunnya. Nah, jika biasanya wajib pajak membayar PBB dengan cara konvensional seperti mengantre di kantor pajak, kantor pos, serta bank-bank pilihan, kini wajib pajak bisa lebih lega karena bisa membayar PBB melalui online, yaitu melalui Tokopedia, Traveloka, dan Indomaret.
ADVERTISEMENT
Ini tentunya kebijakan baru dari Pemerintah Indonesia dengan tujuan masyarakat tidak perlu lagi capek-capek mengantre lama. Bukan hanya itu saja, dengan cara pembayaran yang praktis ini juga dapat menghemat waktu dan tenaga para wajib pajak.
Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara pembayaran PBB lewat Tokopedia, Traveloka dan Indomaret, simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber, berikut ini.
Bayar PBB Lewat Tokopedia
Dengan adanya kerja sama antara Pemerintah dan Tokopedia ini juga bertujuan agar tak ada lagi masyarakat yang terlambat membayar PBB atau bahkan lupa. Jadi, dengan Tokopedia, masyarakat tak hanya ingat belanja saja, tapi juga ingat bayar PBB.
Tambahnya lagi, di tokopedia tak hanya bayar PBB saja, tapi wajib pajak di seluruh Indonesia juga bisa mengecek nominal tagihan dengan mudah.
ADVERTISEMENT
Selain itu, masyarakat juga dimanjakan lagi dengan banyaknya pilihan metode pembayaran mulai dari debit ATM/bank, kartu kredit, internet banking, pembayaran instan, Virtual Account, OVO dan gerai atau minimarket terdekat.
Lalu bagaimana tahapan yang harus dilalui wajib pajak saat bayar PBB melalui Tokopedia?
  • Kunjungin laman tokopedia.com
  • Arahkan ke Top-Up & Tagihan
  • Klik titik tiga atau Lainnya
  • Klik Pajak PBB
  • Pilih wilayah pajak PBB
  • Masukan Nomor Objek Pajak yang berjumlah 18 digit
  • Pilih tahun pembayaran
  • Klik “Bayar”
  • Akan muncul Detail Pembayaran Pajak
  • Pilih metode pembayaran
  • Lakukan transaksi hingga selesai
  • Anda akan mendapatkan Bukti Pembayaran melalui email yang sudah didaftarkan pada tokopedia
Tips: Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang sering memberikan promo cashback yang jumlahnya lumayan besar. Ini bisa kamu manfaatkan saat ingin membayar pajak PBB di Tokopedia, sehingga bisa mengehemat keuangan Anda. Tak ada salahnya sering cek pesan tokopedia, agar promo cashback tak terlewatkan.
ADVERTISEMENT
Baca artikel selengkapnya di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan