Pencarian populer

Mau Jadi Social Media Specialist? Lakukan Ini Sebelum Wawancara Kerja

Sosial media menjadi tren yang sedang banyak digemari saat ini, aplikasi online yang tidak hanya membantu kamu dalam mendapatkan teman baru, berbagi dan bertukar informasi hingga mengekspresikan diri dan hobi.
ADVERTISEMENT
Saking populernya, sosial media pun secara perlahan memiliki manfaat dan fungsi baru yaitu sebagai ladang promosi dan pemasaran produk untuk perusahaan-perusahaan baik start-up atau besar saat ini.
Mengetahui kepopuleran sosial media menjadi tempat pemasaran produk yang berpotensi tinggi, murah dan sangat efektif tentu saja membuat profesi yang berhubungan dengan sosial media berhasil menarik perhatian banyak perusahaan, terutama yang ingin memanfaatkan sosial media secara penuh.
Berawal dari digital marketing, posisi Social Media Specialist sebelumnya tidak terlalu di fokuskan atau di manage secara khusus oleh satu orang, tapi biasanya orang yang mengurusi urusan marketing secara online secara tidak langsung juga akan ikut mengatur dan mengurus sosial media.
ADVERTISEMENT
Tapi, itu dulu ketika sosial media belum sepopuler sekarang. Sekarang demi pemanfaatan yang maksimal, akhirnya posisi khusus telah lahir karena pengaruh sosial media sangat tinggi saat ini, yaitu Social Media Specialist.
Profesi ini khusus untuk mengerjakan sosial media mulai dari mencari ide, strategi, konsep, sampai ke tahap finalnya seperti uploading content dan pemasarannya.
Nah, menjadi Social Media Specialist di sebuah perusahaan juga tidak sembarangan, ada spesifikasi khusus mulai dari skill, karakter/kepribadian hingga hobi menjadi salah satu kriteria penting dalam merekrut orang untuk posisi khusus ini.
Jadi, bagi kamu yang mendapatkan undangan wawancara untuk posisi ini, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan sebelumnya agar proses interview kerja bisa lebih lancar dan kesempatan lolos juga bisa lebih besar.
ADVERTISEMENT
1. Persiapkan Ide dan Strategi yang Terkait dengan Bagaimana Meningkatkan Popularitas Perusahaan Terkait Melalui Sosial Media
Jawaban dari sekian pertanyaan yang harus paling kamu persiapkan adalah, ketika pihak perusahaan akan menguji kemampuan marketing kamu seperti “jadi kalau kamu direkrut jadi Social Media Specialist kami, hal pertama apa yang akan kamu lakukan dalam meningkatkan citra perusahaan kami dengan sosial media?”
Jadi kamu harus bersiap-siap dalam mempersiapkan jawaban kamu dengan baik, mulai dari ide, konsep, strategi, analisisnya bahkan kalau bisa sampai ke perkiraan atau bayangan untuk hasilnya. Hal ini dilakukan perusahaan untuk mengetahui apakah kamu benar-benar memahami setidaknya dasar ilmu pemasaran dan digital marketing juga sangat familiar dengan sistem kerja dari sosial media.
ADVERTISEMENT
Bagaimana mau jadi Social Media Specialist kalau mengerti dengan jelas sistem kerja sosial media saja tidak tau!
Baca artikel selengkapnya di sini.
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86