kumparan
search-gray
Otomotif14 Januari 2020 16:33

Penampakan Smart SIM Besutan Polri, Cara Mendapatkan dan Biayanya

Konten kiriman user
Smart SIM (2).jpg
Ingin Surat Izin Mengemudi (SIM)? Jangan kaget kalau nantinya Anda mendapatkan SIM dengan fisik teranyar. Itu namanya Smart SIM. Tampilannya lebih sederhana, namun memiliki keunggulan.
ADVERTISEMENT
Smart SIM atau SIM pintar merupakan inovasi terbaru dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bagi pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. Smart SIM ini sudah diluncurkan sejak September lalu.
Pengendara mobil dan motor pun sudah bisa menggenggam Smart SIM saat melakukan perpanjangan masa berlaku SIM di kantor Samsat.
Beda Fisik SIM Lama dan Smart SIM
Namanya terobosan baru, pastinya Smart SIM jauh lebih unggul dibanding Smart SIM. Ada 4 keunggulan SIM pintar ini, antara lain:
1. Terkoneksi atau terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)
2. Semua identitas, identifikasi, dan forensik kepolisian tercatat di server yang berfungsi untuk penyelidikan dan penyidikan
ADVERTISEMENT
3. Semua data pelanggaran dan kepatuhan pengendara tercatat secara elektronik
4. Pengendara bisa menyimpan uang.
Dari fisik, tampilan Smart SIM sangat berbeda dengan SIM lama. Perbedaan paling mencolok terletak pada penulisan identitas pemilik.
1. Pada SIM lama, identitas pemilik tidak ditulis secara simpel. Contoh Nama: Banyu Biru; Alamat: Jl Terus Kapan Nikah No 28, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat; Tempat & Tgl Lahir: Jakarta, 03-01-1988; Tinggi: 167 cm; Pekerjaan: Karyawan; No. SIM: 123456789012; Berlaku s/d: 03-01-2024.
Sementara di Smart SIM, tampilan lebih sederhana, termasuk pada penulisan identitas pemilik SIM. Poin-poin identitas ditulis dengan to the point.
Contoh: 1. Banyu Biru; 2. Jakarta, 03-01-1988; O-Pria (menunjukkan golongan darah yang tidak disebutkan di SIM lama dan jenis kelamin); Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat; Swasta (menunjukkan pekerjaan); Metro Jaya (menunjukkan lokasi penerbitan SIM di Jakarta).
ADVERTISEMENT
2. Nomor registrasi pada Smart SIM terletak di bagian pojok kanan atas. Tepat berada di bawah jenis SIM. Misalnya SIM C, kemudian di bawahnya nomor registrasi SIM. Nomor registrasi seumur hidup bukan masa berlaku seumur hidup. Nomor resgitrasi menjadi acuan jika ingin meningkatkan status SIM.
3. Pada SIM lama, ada sidik jari, barcode, dan tandatangan pemilik SIM. Sedangkan di Smart SIM, tak lagi ditampilkan sidik jari dan Tandatangan masih dibubuhkan di bawah foto berwarna sebelah kiri. Di pojok bawah kanan, ada lagi foto hitam putih dan diikuti dengan masa berlaku SIM.
4. Smart SIM lebih Indonesia Selain ada gambar peta indonesia dan didominasi warna merah putih, bagian paling atas SIM tertulis Indonesia. Tidak lagi terkotak-kotak pada provinsi tertentu seperti di SIM lama.
ADVERTISEMENT
5. Terdapat hologram laminasi agar tak mudah dipalsukan. Serta dilengkapi chip yang bisa menampung semua data forensik, catatan sipil, sampai data pelanggaran pengendara di jalan raya.
Baca artikel selengkapnya di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white