Pencarian populer

Segera Beralih dari Emas! Investasi Berlian Lebih Menguntungkan

Berlian merupakan jenis batu mulia paling mahal, langka, dan keras di dunia. Untuk itu menjadi berlian sebagai salah satu instrumen investasi dan alat bisnis bukan lagi hal yang asing.
ADVERTISEMENT
Bisnis berlian pun semakin populer karena banyaknya selebritis Indonesia yang mengaku ikut menggeluti bisnis batu mulia termahal ini seperti Barbie Kumalasari, Olla Ramlan, Nikita Mirzani hingga Jessica Iskandar.
Walaupun terdengar mahal dan sangat mewah, ternyata siapa saja bisa juga kok untuk memulai investasi berlian jika tertarik. Terdapat beberapa jenis berlian dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa dibeli di berbagai toko emas atau berlian yang ada di sekitar tempat tinggal kamu.
Kenapa Investasi Berlian sangat Digemari?
Investasi batu mulia seperti emas, perak, dan berlian tentu saja memiliki banyak keuntungan jika diolah dengan tepat, tapi berlian memiliki jumlah kelebihan yang lebih banyak dibandingkan investasi batu mulia lain, bukan karena lebih mahal dan lebih langka tapi juga karena alasan-alasan berikut ini:
ADVERTISEMENT
1. Aman dari Inflasi
Tidak seperti harga emas yang bisa mengalami perubahan karena inflasi. Harga dari berlian akan tetap sama. Jadi kamu tidak perlu was-was memilih waktu yang tepat untuk menjual berlian kamu karena tidak akan ada penurunan harga seperti investasi properti.
2. Harga Murni Ditentukan dari Kualitas Berlian itu Sendiri
Tidak seperti investasi emas atau saham yang harga pembeliannya masih dikontrol oleh pemerintah. Berlian bebas dari itu semua, harga yang diterapkan pada berlian benar-benar murni dari penilaiannya yang diberikan kepada kualitas berlian itu sendiri dan hanya bisa diatur oleh pihak pembeli dan penjual tanpa ada standar tertentu.
3. Nilainya Bisa Terus Meningkat
Memang berlian kebal inflasi dan tidak akan mengalami perubahan atau penurunan harga ketika krisis ekonomi. Tapi harga dari berlian bisa meningkat karena beberapa faktor, seperti kelangkaan jenisnya, tingginya permintaan dan keindahannya.
ADVERTISEMENT
Ketika menjual berlian dengan bentuk perhiasan, bingkai berlian atau rantai kalungnya yang terbuat dari emas atau perak juga bisa mempengaruhi harga beli berlian.
4. Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan
Seperti batu mulia lain yaitu emas, berlian sama sekali tidak membutuhkan perlakukan khusus ketika merawat dan menyimpannya. Sebagai jenis batu paling tahan banting di bumi, berlian diletakkan ditempat yang sama dalam jangka waktu yang lama tidak akan merusak fisik dan mempengaruhi harganya.
Walaupun tempat itu terlalu panas, lembab ataupun kotor, karena berlian tidak mudah tergores, keras dan susah hancur.
5. Tidak Memakan Ruang untuk Penyimpanannya
Selain tahan lama dan tidak mudah rusak/hancur. Berlian pun tidak membutuhkan ruang yang besar untuk penyimpanannya, tidak seperti ketika kamu mengoleksi barang mewah lain seperti tas atau sepatu yang membutuhkan ruangan khusus.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa meletakannya di brankas kecil di tempat yang paling aman dirumah. Atau agar lebih aman lagi, langsung membuka safe deposit box di bank.
6. Tidak Hanya Jadi Alat Investasi tapi Juga Perhiasan
Berlian sebagai pilihan investasi memiliki peran ganda, tidak hanya sebagai alat investasi tapi juga sebagai penunjang penampilan. Jadi untuk kamu yang wanita, pilih berlian sebagai instrumen investasi agar tidak hanya bisa untung di keuangan tapi juga dipenampilan.
7. Tidak Sulit untuk Memulainya bahkan untuk Pemula Sekalipun
Memulai bisnis berlian sangatlah mudah, kamu tidak perlu mendaftarkan identitas seperti investasi saham karena ini investasi yang bersifat sangat pribadi dan anominitas. Jadi siapa saja bisa membeli, memiliki dan menjual berlian.
ADVERTISEMENT
Selain itu, harga acuan dari berlian sangatlah jelas jadi tidak susah untuk dipelajari dan praktikan, rendah risiko dan objeknya sangatlah digemari jadi tidak sulit untuk menjualnya kembali.
Baca artikel selengkapnya di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80