Buzz
·
10 September 2021 19:05
·
waktu baca 3 menit

Akhlak dan Aktualisasinya Dalam Kehidupan

Konten ini diproduksi oleh Cherry Siau
Akhlak dan Aktualisasinya Dalam Kehidupan (76171)
searchPerbesar
Foto : Freepik
Teman-teman, aku mau kasih info mengenai akhlak, nih. Kalian tahu apa itu akhlak? Mengapa akhlak sangat berpengaruh dalam menjalankan kehidupan sehari-hari? Dan kenapa akhlak sangat dijunjung tinggi? Jika kalian belum tau dan ingin tau, ayo simak sebentar infonya di sini!
ADVERTISEMENT
Dalam Islam, akhlak sangat dijunjung tinggi. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW bahwa Allah paling mencintai hamba yang paling baik akhlaknya. Akhlak merupakan karakter yang mencerminkan perilaku baik maupun buruknya seseorang terhadap hubungannya dengan Sang Khalik atau dengan sesama manusia. Dalam Islam, pembagian akhlak dikenal dengan istilah akhlaqul karimah (perilaku terpuji) dan akhlaqul mazmumah (perilaku tidak terpuji). Akhlak dalam Islam merupakan pedoman perilaku yang bersumber pada ajaran Allah dan Rasulullah yang juga dapat digunakan sebagai indikator dalam menilai baik atau buruknya perilaku seorang muslim.
Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan eksistensi globalisasi, nilai-nilai akhlak untuk menjalin keharmonisan dan keselarasan sudah mulai luntur. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai kasus yang muncul, seperti masalah terkait etika dan sopan santun anak di lingkungan sekitar, baik lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat serta tindakan tidak terpuji lainnya seperti kenakalan remaja yang merupakan akibat dari adanya krisis akhlak. Sehingga pendidikan akhlak merupakan hal yang sangat fundamental dalam proses pembentukan karakter bagi generasi penerus bangsa. Idealnya, pendidikan akhlak dalam membentuk karakter bukan hanya sekadar teori, namun perlu diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Dengan mengaktualisasikan akhlak, berarti kita telah menjalin hubungan yang baik dengan berbagai pihak, di antaranya menjalin hubungan yang baik dengan Sang Khalik dan juga makhluk-Nya. Dalam ajaran Islam, tuntunan yang menjadi pedoman mengaktualisasikan akhlak berasal dari ajaran Allah yang disampaikan oleh Rasulullah SAW sebagai utusan Allah merupakan teladan atau contoh yang baik dalam proses aktualisasi akhlak. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 21 sebagai berikut:
Akhlak dan Aktualisasinya Dalam Kehidupan (76172)
searchPerbesar
Artinya:
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”
Berdasarkan ayat tersebut menjelaskan bahwa segala perbuatan, perkataan, pola perilaku Rasulullah SAW dapat dijadikan sebagai contoh dalam mengaplikasikan akhlak.
ADVERTISEMENT
Akhlak terhadap sang Khalik (Allah) dapat diamalkan dengan cara mendekatkan diri kepada Allah (beriman, bertakwa, ikhlas, husnuzan, bersyukur, dan selalu mengingat Allah). Akhlak terhadap makhluk dapat dibagi menjadi dua: akhlak dengan sesama manusia dan akhlak dengan lingkungan sekitar.
Akhlak dengan sesama manusia meliputi akhlak terhadap Rasulullah dengan cara beriman kepada Rasul, menaati dan mengikuti Rasulullah sebagai contoh yang baik, rajin bershalawat, serta melanjutkan misi dakwah Rasulullah. Sementara itu, akhlak terhadap diri sendiri dapat dilakukan dengan cara menjaga jasmani dan rohani dengan baik. Menjaga keharmonisan juga penting di lingkungan keluarga dan masyarakat dengan cara selalu memberikan kasih sayang dan perhatian, mendoakan yang baik bagi anggota keluarga atau masyarakat, tolong menolong dalam kebaikan dan selalu mengingatkan apabila ada indikasi perbuatan maksiat oleh anggota keluarga atau masyarakat serta menjauhi prasangka buruk, iri hati, dan dengki terhadap anggota keluarga ataupun masyarakat.
ADVERTISEMENT
Kemudian, hal yang penting lainnya adalah akhlak terhadap lingkungan dengan menjaga, merawat serta tidak mengeksploitasi lingkungan sekitar dan memperlakukan hewan dengan baik. Apabila hal-hal tersebut dapat direalisasikan, maka keharmonisan, keselarasan, serta keseimbangan dalam hidup akan tercipta dengan baik.
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan!
Sumber :
Rokayah, R. (2015). Penerapan etika dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 15-33.
Habibah, S. (2015). Akhlak dan etika dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4).
Azra, A. (2001). Pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti: Membangun Kembali Anak Bangsa. Mimbar Pendidikan, 1.
Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahannya (Bandung: Al-Jumanatul ,Ali, 2004).
Hasnawati, Akhlak Kepada Lingkungan, PENDAIS 2 No. 2 (2020), 203-218.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white