Buzz
·
25 Mei 2021 15:48
·
waktu baca 2 menit

Mencintai Diri Sendiri Itu Membutuhkan Waktu

Konten ini diproduksi oleh Cesira Desti Kinasih
Mencintai Diri Sendiri Itu Membutuhkan Waktu (560389)
searchPerbesar
Ilustrasi "Afirmasi Mencintai Diri Sendiri" Oleh Cesira Desti Kinasih
Self love merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah di berikan Sang Pencipta. Yaitu dengan menerima kekurangan diri kita sendiri serta menghargai apa yang telah diberikan. Jujur, saya sendiri pun masih dalam proses untuk mencintai diri saya sendiri. Butuh proses yang panjang untuk bisa menerima segala kekurangan itu.
ADVERTISEMENT
Mengapa butuh proses yang lama? Ketika saya mendapatkan komentar negatif, saya akan terus memikirkan komentar tersebut. Tetapi terkadang saya juga merasa bersyukur atas apa yang ada pada diri saya. Oleh karena itulah saya membutuhkan waktu. Nah, ada beberapa tips yang sedang saya lakukan untuk mencintai diri sendiri.
Yang pertama kali saya lakukan adalah dengan cara memotivasi diri sendiri saya terlebih dahulu. Untuk memotivasinya, saya harus mengubah pola pikir, yaitu dengan berpikir positif. Ketika saya berpikir positif, semua yang saya lakukan akan merasa baik dan bermanfaat bagi diri saya maupun orang lain.
Untuk yang kedua ini menurut saya cukup sulit, dengan mengabaikan atau tidak baper atas perkataan orang lain. Terkadang perkataan seseorang itu bisa menyakiti hati saya, walaupun saya tidak secara langsung mengungkapkan perasaan tersebut. Untuk itu, biasanya saya membuktikan kekurangan tersebut dengan menunjukkan kelebihan yang saya miliki.
ADVERTISEMENT
Ketiga, dengan mencari teman yang baik. Terbukti dengan saya memiliki teman yang baik, saya merasa bahagia dan tidak lagi memikirkan perkataan-perkataan negatif. Teman-teman saya sangat memotivasi untuk menjadi pribadi yang baik. Mereka selalu memberikan semangat satu sama lain, dan memberikan komentar yang bijak jika terdapat kesalahan.
Yang terakhir itu kunci utamanya, yaitu jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hal ini merupakan yang terberat bagi saya. Ketika saya melihat orang lain lebih cantik, pasti saya merasa "mengapa saya tidak bisa seperti itu ya?" Tetapi, setelah saya belajar lebih jauh bahwa standar kecantikan seseorang itu berbeda-beda dan tidak bisa disamakan.
Itu dia beberapa tips yang saya lakukan. Menurut saya cara tersebut cukup efektif dan berguna bagi diri saya sendiri ketika muncul pikiran-pikiran negatif yang masuk. Penting untuk mencintai diri sendiri karena hal tersebut merupakan kunci kebahagiaan.
ADVERTISEMENT