Branding Bisnis Makin Ciamik, Jasa Brand Agency Solusi Bisnis Pemula

A final year student with major communication sciences and having interest on writing. Student of Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Konten dari Pengguna
29 November 2022 14:38
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Chiera Desta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber gambar : freepik.com
zoom-in-whitePerbesar
Sumber gambar : freepik.com
ADVERTISEMENT
Branding menjadi upaya utama dalam membangun bisnis dan dapat menjadi senjata bagi bisnis untuk menghadapi ganasnya persaingan. Mengingat persaingan dalam bisnis juga tak kalah ganas dengan persaingan pemilihan pemimpin negara, branding sebuah perusahaan harus memiliki perencanaan dan eksekusi yang matang agar mampu menopang bisnis. Branding menjadi representasi identitas, citra, dan keunikan perusahaan atau merek yang dapat membedakan merek tersebut dengan merek lainnya. Branding saling berkaitan dengan kesuksesan sebuah bisnis, karena kekuatan branding akan mempengaruhi kesuksesan bisnis. Sehingga, bisnis yang sukses dapat direpresentasikan dari brandingnya yang kuat dan sukses pula.
ADVERTISEMENT
Branding seringkali identik dengan kemasan, logo, slogan, atau tampilan media sosial. Faktanya branding lebih dari itu, karena branding merupakan kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan citra organisasi atau perusahaan. Sederhananya, branding dilakukan agar konsumen tertarik dan percaya dengan produk yang ditawarkan. Branding juga dilakukan agar khalayak mengenal dan mengetahui produk yang akan dipasarkan. Selain kemasan, logo, dan slogan, branding juga berbicara tentang kualitas produk, pelayanan, dan kepercayaan pelanggan.
Walaupun branding memiliki batasan yang tipis dengan marketing, branding memiliki perbedaan dalam tugas dan tujuannya. Marketing berfokus kepada cara membuat khalayak yang awalnya tidak mengetahui produk terkait, menjadi butuh dan ingin memiliki produk. Sedangkan branding membuat seorang konsumen atau pelanggan menjadi loyal dan mau melakukan pembelian kembali secara berulang (repeat order). Cara yang digunakan juga berbeda, bila marketing gencar menggunakan iklan, maka branding akan berfokus melakukan pendekatan emosional dengan pelanggan melalui berbagai media.
ADVERTISEMENT
Membangun branding bukanlah hal yang mudah bagi sebuah perusahaan terutama bagi pebisnis pemula. Karena terdapat banyak rincian aspek yang perlu diperhatikan agar branding yang dilakukan pebisnis pemula dapat berhasil. Dimulai dari tahapan riset, perencanaan, aksi dan komunikasi, serta evaluasi. Sehingga akan sangat membutuhkan waktu yang cukup banyak bila harus menjalankan fungsi tersebut sendirian. Tidak hanya para pebisnis pemula, bahkan perusahaan-perusahaan yang telah lama berdiri tetap membutuhkan tenaga dari pihak ketiga untuk membantu membangun branding yang kuat bagi perusahaan.
Brand agency bisa menjadi solusi yang tepat bagi para pebisnis pemula di era sekarang yang serba praktis. Dalam membangun bisnis, kita tidak perlu membangun semuanya sendiri dari nol. Kita dapat memanfaatkan brand agency untuk membantu mengembangkan bisnis mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi branding. Selain itu, brand agency akan menguntungkan perusahaan dari segi efisiensi waktu. Peran brand agency disini dapat diibaratkan dengan wedding organizer yang siap mewujudkan pernikahan impian kamu, sama halnya brand agency akan mewujudkan bisnis impian kamu.
ADVERTISEMENT
Dalam kegiatanya, brand agency akan berperan dalam pembuatan perencanaan dan strategi branding mulai dari perencanaan aktivitas kampanye secara digital maupun offline dan analisis pasar, melakukan pelaksanaan strategi seperti aktivasi digital di media sosial, pembuatan logo, pembuatan konten video maupun grafis, pelaksanaan event serta menjalankan evaluasi dengan memberikan laporan dan analisis hasil kepada perusahaan terkait strategi branding yang telah dilaksanakan.
Dari penjabaran di atas, Brandstoria sebagai salah satu brand agency yang bergengsi di Surabaya memiliki prinsip SUPER A milik Brandstoria yakni kepanjangan dari simple, unexpected, persuasive, entertaining, relevance, dan acceptable. Dengan berpegang pada prinsip SUPER A, Brandstoria akan membantu mewujudkan brand impian kamu agar dapat bertahan lama, relevan dan selalu menjadi andalan bagi para pelanggan setia brand kamu.
ADVERTISEMENT
Brandstoria yang telah berdiri sejak 11 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2011, telah dipercayai oleh berbagai brand di Indonesia untuk membantu kegiatan branding perusahaan seperti, Laboratorium Parahita, Bank BTPN, Telkom Indonesia, Dua Kelinci, Pertamina, Simple Wedding Organizer dan masih banyak lainnya. Dalam 11 tahun perjalanan Brandstoria sebagai brand agency, kini Brandstoria telah memiliki 2.520 pengikut di akun Instagram @brandstoria_.
Jasa brand agency yang dapat ditawarkan Brandstoria pada pebisnis pemula diantaranya adalah pembuatan brand plan seperti analisis pasar dan penentuan STP (segmenting, targeting, & positioning) hingga pelaksanaan branding. Lalu terdapat jasa pembuatan identitas brand seperti desain logo, kemasan, merchandise, desain landing page, katalog produk, print ads, dan lain sebagainya. Dan yang terakhir, Brandstoria juga menjalankan jasa brand communication mulai dari pengelolaan media sosial, pembuatan konten video profil perusahaan, commercial ads video, TVC, digital video, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020