kumparan

3 Tips Agar Kulineran Tetap Lancar saat Travelling

Ilustrasi wisata kuliner Foto: Thinkstock
Hal yang paling ditunggu saat travelling adalah menjelajahi berbagai macam kulinernya kan? YESS memang hampir semua orang langsung kebayang makanan hits di kota atau negara yang akan kalian kunjungi.
ADVERTISEMENT
Bahkan kadang saat kita travelling, kita lupa akan satu rencana yang selalu kita impikan keberhasilannya. Apa itu? Diet. Ya, sebenarnya bukan diet yang menjadi highlight. Tetapi kesehatan tubuh kita yang sebenarnya harus jadi pusat perhatian ketika travelling.
Makanya, kita harus pintar-pintar menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh kita walaupun sedang liburan. Jadi bisa puas mencicipi deretan makanan yang tengah populer. Langsung yuk kita ulik beberapa tips buat kamu yang mungkin sebentar lagi mau travelling.
  1. Cemilan is a must!
https://goodyfeed.com/7-things-must-definitely-buy-thailands-7-eleven/
Mungkin pada bingung "kok liburan harus bawa cemilan? Kan mau kuliner di sana!" Ketika liburan banyak hal tidak terduga yang bisa terjadi. Misalnya tiba–tiba jalanan padat untuk pindah ke suatu tempat wisata ke tempat wisata lainnya, tapi perut kalian lapar.
ADVERTISEMENT
Cemilan bakal jadi penyelamat kalian! Pilih cemilan yang aman ketika dimakan saat perut kosong seperti biskuit, kue–kue, dan yang lainnya. Jadi bagi kamu yang punya sakit magh atau lainnya, semua bisa dicegah dengan adanya cemilan.
Kalau memang kalian males bawa dari rumah, bisa juga mampir di supermarket tempat kalian berlibur. Jadinya bisa sekalian mencicipi makanan ringan di negara atau kota tersebut.
Nah biar tahu bayangan kira–kira cemilan apa yang bisa dibawa? Dari pengalaman gue travelling ke Bangkok, jangan lupa melipir ke 7-eleven. Ini wajib kalian kunjungi. Gue jamin, kalian akan kalap setelah melihat puluhan macam makanan siap saji di rak kulkas yang sudah tersusun rapi. Kalian tinggal minta dipanasin aja sama pramusaji di sana.
ADVERTISEMENT
Jangan lupa cobain sandwich, gyoza, sosis keju, sampai telor rebus dengan berbagai tingkat kematangan. Gampang banget buat ditemui karena setiap beberapa meter pasti ada 7-eleven.
https://www.alamy.com/stock-photo-7eleven-store-in-thailand-104747132.html
Sekedar tips untuk memilih cemilan agar tetap sehat bagi tubuh, misalnya: almond, roti gandum, biskuit, dan yang lainnya. Hindari cemilan seperti gorengan atau snack yang terlalu banyak mengandung gula karna hal tersebut akan mengganggu metabolisme tubuh kalian, lho!
  1. Say NO to SODA
Sumber: https://www.healthline.com/nutrition/diet-soda-good-or-bad
Untuk minuman sendiri, sebaiknya kalian memilih minuman yang memang sudah jelas sehat bagi tubuh kalian aja ya seperti air putih. YESS, kalian harus perbanyak minum air putih ketika sedang liburan karena pasti tubuh kita banyak mengeluarkan cairan karena kelelahan.
Kenapa sih emang? Air putih punya banyak manfaat positif bagi kamu, yaitu selain untuk membersihkan tubuh dari racun, tetapi juga terhindar dari jetlag maupun gejala paparan matahari yang berlebihan.
ADVERTISEMENT
Kalian bisa bawa air putih dengan menggunakan botol kecil. Jadi saat habis, kalian bisa isi melalui wastafel contohnya di Universal Studio Singapura, kalian enggak perlu repot beli minum yang harganya cukup mahal sekitar Rp 20 ribu–an untuk ukuran air mineral yang standar.
Tinggal isi di wastafel yang disediakan memang khusus untuk air minum. Atau sebelum berangkat keluar dari hotel atau tempat tinggal kalian menginap, jangan sampai lupa diisi dulu botolnya.
Sedangkan jika kalian mengkonsumsi soda, selain dapat membuat tubuh dehidrasi, perut juga akan dipenuhi gas, jadi tak heran perut kalian akan terasa kembung. Apalagi kalau kalian mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup banyak
  1. Jangan Lupakan Buah dan Sayur
Sumber: https://www.imperfectproduce.com/join
Jika sedang berhenti di suatu destinasi wisata kalian bisa banget menyempatkan waktu untuk membeli jus buah atau ketika makan, kalian memilih yang terdapat banyak sayuran, seperti salad.
ADVERTISEMENT
Ini menjadi salah satu poin yang tidak boleh dilewatkan juga, kebutuhan buah dan sayur ini penting untuk tubuh kalian apalagi ketika liburan. Kalian tau enggak sih, kalau mengkonsumsi buah dan sayur perut kalian akan merasa kenyang lebih lama.
Nah, ini menjadi salah satu cara untuk menyiasati badan tetap sehat dan in-shape yuhuuuu!! Nih tips sederhana bagi kamu yang mau liburan, contohnya ke Thailand, kalian bisa menyiasati untuk tetap menjaga konsumsi buah dan sayur.
Dengan membeli jus buah yang ada di pinggir jalan. Terutama di tempat–tempat wisata misalnya Chatuchak Market. Untuk sayur, kalian dapat nikmati dari banyaknya street food yang ada di sana, contohnya Som Tum! Hahaha itu adalah Salad ala Thailand.
ADVERTISEMENT
Sekedar info, untuk buah sendiri kalian bisa pilih buah–buah seperti pisang, apel, yang praktis dan bisa jadi makanan pengganjal saat perut kosong. Plus jangan lupa untuk membawa obat-obatan dan suplemen pribadi kalian.
Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kalian coba saat liburan ya. Biar kalian sehat dan juga kuat untuk jalan jauh. Ingat, kebahagiaan liburan harus tetap terasa sampai balik ke rumah juga, jadi pola makan yang sehat perlu diperhatikan , ya gengss!!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan