Cinema Poetica - Boys Love

Boys Love di Mata Penonton Perempuan

CINEMA POETICA adalah kolektif kritikus, jurnalis, peneliti, dan pegiat film yang berfokus pada produksi dan distribusi pengetahuan sinema bagi publik.
21 Oktober 2021 19:24
·
waktu baca 11 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Sebuah serial Thailand berjudul 2Gether menarik atensi warganet pada awal pandemi 2020 lalu. Serial ini berkisah tentang hubungan romantis antara dua pria, Tine (Win Metawin Opas-Iamkajorn) dan Sarawat (Bright Vachirawit Chiva-aree), dengan latar sebuah kampus di Thailand. Episode pertama 2Gether, yang diunggah GMMTV di YouTube, telah ditonton sebanyak 21 juta kali hingga tulisan ini dibuat.
Menariknya, penonton terbanyak justru datang dari sesama negara Asia, khususnya yang belum lazim menerima hubungan sesama pria. Di Indonesia, misalnya, menurut Google Trends, ada peningkatan tajam untuk pencarian YouTube dengan kata kunci “2Gether” dan diikuti oleh pencarian “BL Thailand” sejak serial ini diunggah pada 21 Februari 2020. Para penggemarnya juga banyak mengutarakan kesukaan mereka melalui akun base Twitter macam @thaiifess dan @txtdarithailand.
Bagi saya pribadi, fenomena ini jadi cukup personal. Sebelum gempita 2Gether, menonton film romantis sesama pria atau Boys Love (selanjutnya disebut BL) merupakan pengalaman soliter. Saya mengonsumsi serial dan filmnya secara daring, namun tak saya ungkapkan ke publik. Saya jadi bertanya-tanya sendiri setiap saya menonton serial dan film BL. Kenapa saya menyukainya padahal tak ada tokoh utama perempuan di dalamnya?
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparan+
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparan+
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Konten Premium kumparan+
Pandemi yang tak kunjung usai ini mendorong pembuat film memilih film pendek. Tak cuma durasi yang dipotong, bentuk film, naratif, juga mise-en-scene harus diakali. Ngaji film bareng Cinema Poetica di kumparanplus! Klik konten di bawah.