Cover Story Cinema Poetica

Sinema Korea Selatan dan Imajinasi Nasionalisme yang Lain

CINEMA POETICA adalah kolektif kritikus, jurnalis, peneliti, dan pegiat film yang berfokus pada produksi dan distribusi pengetahuan sinema bagi publik.
12 Agustus 2021 20:35
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Benedict Anderson, pengarang Imagined Communities: Reflections on the Origin and Spread of Nationalism (1983), menulis: “Masyarakat dibedakan, bukan dari kepalsuan atau keasliannya, namun dari cara bagaimana mereka diimajinasikan.” Di kalimat ini, kata ‘imajinasi’ adalah kata kerja; sebab ia dirancang, diupayakan, serta dialami sebagai bagian dari proses mencipta.
Imajinasi bisa berupa penghiburan yang tak hadir secara fisik. Hal itu terjadi di Hollywood selama Depresi Besar dari 1929 hingga 1939 yang kemudian melahirkan cara tutur film serta gagasan American dream yang serba eskapis. Formula ini bisa menjadi jawaban mengapa Hollywood mampu secara efektif menancapkan imajinasi khasnya di benak banyak orang yang ingin lari dari realitas sehari-hari.
Imajinasi juga bisa berbentuk harapan atas hari esok yang lebih baik. Di Jepang, ia mewujud optimisme yang mulai semarak setelah pengeboman Hiroshima dan Nagasaki hingga jelang tahun-tahun economic miracle. Ceceran optimisme itu masih meninggalkan jejaknya pada kesadaran kolektif warga Jepang yang bisa kita lihat di, misalnya, filmografi Hayao Miyazaki atau JRPG (Japanese Role-Playing Game) yang protagonisnya identik dengan keniscayaan bahwa: better days are going to come, you just have to make it so.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparan+
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparan+
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Konten Premium kumparan+
Pandemi yang tak kunjung usai ini mendorong pembuat film memilih film pendek. Tak cuma durasi yang dipotong, bentuk film, naratif, juga mise-en-scene harus diakali. Ngaji film bareng Cinema Poetica di kumparanplus! Klik konten di bawah.