kumparan
28 Jul 2019 13:44 WIB

Menikmati Semangkuk 'Cwie Mie' Halal di Cirebon

Seporsi Komplit Cwie Mie Cak Toni, kota Cirebon. Foto : Cirebon Foodiary
Kalau membahas soal kuliner pasti tidak akan ada habisnya, ada saja kuliner baru yang bermunculan. Kali ini kita enggak akan membahas inovasi kuliner baru, tapi kita bakalan ngebahas kuliner yang hampir punah, yaitu Cwie Mie--makanan yang berasal dari kota Malang.
ADVERTISEMENT
Nah, baru-baru ini Cwie Mie sudah resmi buka di Kota Cirebon lho! Tepatnya 4 bulan lalu, di bulan Maret 2019. Sang pemilik yang bernama Pak Toni, atau yang biasa disebut dengan sebutan Cak Toni, berasal dari Kota Malang.
Cak Toni membuka kedai Cwie Mie karena sudah hampir jarang ditemukan kedai Cwie Mie di Kota Malang, bahkan nyaris punah. Cak Toni ingin mengenalkan kuliner khas Malang kepada masyarakat di Cirebon untuk melestarikan kuliner di kota kelahirannya.
Lokasi Kedai Cwie Mie Cak Toni, kota Cirebon. Foto : Cirebon Foodiary
Cwie Mie memiliki arti pangsit mi, atau mi yang disajikan dengan pangsit. Banyak juga masyarakat yang keliru dengan kuliner khas Malang ini. Banyak yang mengira kalau sajian ini tidaklah halal, mengingat dari namanya 'Cwie Mie' dan juga untuk beberapa kuliner Cwie Mie di Kota Malang ada kedai yang menggunakan bahan-bahan non-halal.
ADVERTISEMENT
Tapi untuk yang beragama muslim jangan khawatir, makanan di kedai Cwie Mie Cak Toni ini dijamin halal.
Tekstur Mi yang tipis-tipis Dari Cwie Mie Cak Toni, kota Cirebon. Foto : Cirebon Foodiary
Tekstur minya itu kenyal dan ukurannya jauh lebih tipis dan lebih kecil dari pada mi-mi pada umumnya. Jadi saat kalian santap akan ada sensasi yang baru dari tekstur minya. Mi yang disajikan di tempat ini dibuat langsung oleh sang pemilik, serta tidak menggunakan pengawet di dalam campuran minya. Sehingga sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak.
Selain mi yang dibuat sendiri, ternyata dari mulai bakso, pangsit, baso tahu, topping ayam, dan kuahnya juga dibuat sendiri oleh Cak Toni. Semua bahan yang dipakai murni tanpa campuran MSG di dalamnya, jadi pastinya sehat juga.
Kalau biasanya mi yang lain menggunakan topping ayam dengan cara disuwir di atasnya, berbeda dengan Cwie Mie, topping ayam yang ditaruh di atasnya disajikan dengan cara digiling, lalu ditaburkan di atas mi. Jadi pada saat diaduk, mi dan ayamnya akan bercampur dengan sempurna, dan pastinya sangat lezat saat kita santap.
ADVERTISEMENT
Untuk bakso ala Cak Toni ini daging sapinya cukup terasa, walaupun dengan harga yang sangat terjangkau. Dan untuk kuahnya, rasanya gurih dan nikmat karena Cak Toni menggunakan bumbu rempah-rempah alami dan juga murni dari kaldu ayam.
Selain itu, minyak yang dicampur dalam mi menggunakan sedikit campuran udang, sehingga ada perpaduan rasa gurih dari Cwie Mie Cak Toni.
Seporsi Cwie Mie Cak Toni, kota Cirebon, dengan Topping Ayam Giling, Acar, Pangsit dan Selada. Foto : Cirebon Foodiary
Selain rasanya yang unik, penyajian mi ini juga cukup berbeda dari mi yang lainnya. Di dalam satu porsi Cwie Mie Cak Toni, kita dapat menikmati mi yang diberikan topping gilingan ayam yang gurih, taburan bawang daun dan bawang goreng, sepotong selada segar, pangsit yang renyah, serta diberikan acar timun yang segar di atasnya. Lalu disajikan dengan kuah baksonya yang terpisah dari minya.
ADVERTISEMENT
Bagi kalian pecinta mi, wajib banget cobain makanan yang satu ini. Nah untuk kalian yang tinggal di Cirebon atau sekitarnya, enggak perlu jauh-jauh lagi ke Malang untuk cobain Cwie Mie.
Sudah ada Cwie Mie Cak Toni yang murah meriah, sehat, dan pastinya halal. Cwie Mie ini juga bisa jadi pengobat rindu untuk orang Malang yang saat ini sedang tinggal di Cirebon. Jadi bisa menyantap makanan khas kampung halaman.
Seporsi Cwie Mie Cak Toni, kota Cirebon, dengan Topping Ayam Giling, Acar, Pangsit dan Selada(2). Foto : Cirebon Foodiary
Nah, jadi buat kalian yang penasaran ingin nyobain Cwie Mie Cak Toni, bisa datang langsung saja ke tempatnya di Jalan Kartini Nomor 42, Kejaksaan, kota Cirebon, Jawa Barat.
Tempat Cwie Mie ini berada bersebelahan dengan KFC di Jalan Kartini, Kota Cirebon. Harganya juga sangat terjangkau lho. Satu porsi yang cukup mengenyangkan perut, harganya mulai dari Rp 10.000, sedangkan untuk ½ porsi dan untuk porsi lengkapnya kalian hanya perlu merogoh kocek Rp 18.000. Cukup murah kan, food lovers.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·