kumparan
KONTEN PUBLISHER
27 Maret 2020 16:15

Anggota DPR Nilai Social Distancing Lebih Efektif Ketimbang Lockdown

27032020_Maman Imanulhaq.jpg
Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanulhaq. (Rd Algifari Suargi)
Ciremaitoday.com, Majalengka - Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanulhaq menyebut Indonesia tidak perlu menerapkan kebijakan lockdown dan penguncian wilayah seperti dilakukan sejumlah negara, termasuk negara tetangga Malaysia.
ADVERTISEMENT
Maman menganggap social distancing atau menjaga jarak fisik, lebih dari cukup dan akan lebih efektif dalam mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia. Dengan catatan, masyarakat benar-benar disiplin dalam menerapkannya dan mengikuti semua imbauan pemerintah.
Menurutnya, negara Indonesia sangat berbeda dengan negara-negara lain yang kini sudah mengunci pergerakan warganya dan mengosongkan negara dari semua aktivitas, terutama dari segi kultur masyarakatnya.
"Bagaimanapun, lockdown ada sisi positif dan negatifnya. Untuk Indonesia menurut saya tidak perlu. Kesadaran masyarakat untuk sosial distancing ini lebih tertib dilakukan, karena lockdown tentu berbeda dengan negara-negara di Eropa macam Italia atau Denmark dan lain sebagainnya," ujar Maman di sela penyemprotan disinfektan di Ponpes Al-Mizan Majalengka, Jumat (27/3/2020).
ADVERTISEMENT
Maman berharap masyarakat Indonesia dapat mengoptimalkan kebijakan social distancing dengan tentunya mengikuti anjuran pemerintah dalam mencegah bertambahnya korban akibat virus mematikan asal negri tirai bambu itu.
"Saya lebih berharap kita optimalkan program social distancing di masyarakat, kita berharap masyarakat pun mengikuti anjuran pemerintah ini dan kita dengar dari pihak kepolisian, mereka tak berhenti melakukan kampanye agar membubarkan kerumunan, melarang orang berkumpul terutama malam hari saat cuaca dingin. Karena, virus gampang menyebar," ucapnya.
Selain itu, politikus dari daerah pemilihan IX (Sumedang, Majalengka, Subang) ini juga berharap masyarakat dapat menyadari bahwa social distancing menjadi kata kunci untuk menahan peredaran virus khususnya di Majalengka. Sehingga lanjut dia, dapat mengurangi atau meminimalisasi penyebaran virus.
ADVERTISEMENT
"Saya tentu berharap, masyarakat menyadari bahwa social distancing ini menjadi kata kunci kita untuk memblok peredaran virus dan juga mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini," pungkas politisi PKB tersebut.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan