Bisnis
·
10 Oktober 2020 14:09

Bank Indonesia Komitmen Dorong UMKM di Cirebon Raya Berkembang

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Bank Indonesia Komitmen Dorong UMKM di Cirebon Raya Berkembang (71888)
Ilustrasi UMKM. (Kumparan)
Ciremaitoday.com, Cirebon - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon, Jawa Barat, melalui berbagai program dan upaya kolaborasi terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Cirebon Raya agar menjadi unit usaha yang go nasional, bahkan internasional.
ADVERTISEMENT
Menyadari bahwa, UMKM merupakan sandaran dasar perekonomian rakyat proses pendampingan dan dukungan pemasaran menjadi sangat penting untuk menggali potensi khas daerah masing-masing. Terlebih, UMKM yang maju dan mandiri berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.
Kepala KPw BI Cirebon Bakti Artanta mengatakan, pihaknya memiliki segudang program untuk membina UMKM menjadi bisnis yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
"Salah satunya adalah kami melakukan pembinaan, promosi, hingga pemasaran agar produk-produk yang dijual UMKM laku di pasaran," katanya, Sabtu (10/10/2020).

Strategi Marketing

Menurutnya, produk yang laku di pasaran adalah produk yang memiliki desain menarik, berkualitas baik, unik, dengan harga yang terjangkau. Termasuk pentingnya menerapkan strategi marketing atau pemasaran agar produk laku di pasaran.
"Kami melakukan edukasi dan pendampingan bagaimana memaksimalkan produk yang ada mulai dari kemasan, kontrol kualitas produk, pembinaan pemasaran, dan penjualan melalui offline juga online," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Hingga kini, pihaknya selalu terbuka dengan UMKM yang ingin bertumbuh dan berkembang bahkan hingga mencari ke pelosok daerah agar dapat menjaring usaha rakyat yang memiliki nilai ekonomi.
"Kami memiliki tim sendiri untuk mencari sekaligus melakukan survei hingga verifikasi agar usaha atau produk yang dijalankan bisa menjawab kebutuhan pasar domestik dan luar negeri," pungkasnya.