News
·
27 Oktober 2020 13:43

Bantu PMI Atasi Krisis Labu Darah, Jurnalis di Cirebon Ramai-ramai Donor Darah

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Bantu PMI Atasi Krisis Labu Darah, Jurnalis di Cirebon Ramai-ramai Donor Darah (35983)
Seorang jurnalis mendonorkan darahnya di PMI Kota Cirebon.(Juan)
Ciremaitoday.com, Cirebon - Puluhan jurnalis yang tergabung dalam Solidaritas Jurnalis Cirebon Peduli (SJCP) ramai-ramai mendatangi PMI Kota Cirebon, Jawa Barat. Kedatangan mereka untuk melakukan aksi sosial donor darah.
ADVERTISEMENT
Aksi sosial ini, didorong oleh inisiatif bersama di antara para jurnalis setelah mengetahui kebutuhan stok darah di PMI menipis selama pandemi COVID-19.
Pasalnya, masyarakat merasa khawatir dan berhati-hati saat melakukan donor darah. Selain itu pendonor rutin pun sementara waktu tidak mendonorkan darahnya.
Sementara, kebutuhan darah di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning), tetap harus dipenuhi terlebih dalam masa pandemi COVID-19.
Kordinator SJCP Faizal Nurathman mengatakan, aksi sosial donor darah didorong oleh keprihatinan rekan-rekan jurnalis Cirebon atas stok darah di PMI yang menipis.
"Kami berkordinasi dengan kawan-kawan jurnalis media cetak, televisi, radio, media online, dan lainnya melakukan donor darah untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di PMI Kota Cirebon," katanya, Selasa (27/10/2020).
ADVERTISEMENT

Donor Darah Tetap Aman di Tengah Pandemi

Selain itu, melalui aksi donor darah ini para jurnalis hendak menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa donor darah di masa pandemi COVID-19 masih cukup aman dan bisa dilakukan karena tetap memberlakukan protokol kesehatan.
"Selama donor baik petugas maupun kawan-kawan jurnalis yang mendonorkan darahnya tetap menjalankan protokol kesehatan," imbuhnya.
Sementara Manajer Pemastian Mutu PMI Kota Cirebon Asep Munandar mengapresiasi, aksi sosial yang dilakukan SJCP karena sumbangan darah dari jurnalis Cirebon sangat berarti sekali bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.
"Alhamdulillah, aksi jurnalis Cirebon ini sangat baik, karena jurnalis Cirebon mempunyai naluri dan semangat kemanusiaan yang tinggi ditengah krisis donor darah," katanya.