Food & Travel
·
20 Februari 2021 17:42

Cokelat Topping Buah Kering Khas Korea Asal Cirebon Tembus Pasar Luar Kota

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Cokelat Topping Buah Kering Khas Korea Asal Cirebon Tembus Pasar Luar Kota (230653)
Cokelat topping buah kering khas Korea Selatan buatan Iis Rosiah, warga asal Cirebon. (Juan)
Ciremaitoday.com, Cirebon - Cokelat buah kering yang populer di Negeri Ginseng, Korea Selatan, kini bisa ditemui di Cirebon, Jawa Barat. Adalah Iis Rosiah, warga Cirebon yang membuat cokelat topping buah kering dengan merek dagang Cozy.
ADVERTISEMENT
Lambat tapi pasti, cokelat topping buah kering khas Korea ala Iis mampu menembus pasar daerah lain. Pilihan Iis untuk membuat cokelat topping buah kering karena varian cokelat lainnya sudah umum di pasaran.
"Rasanya cenderung asam dan manis. Saya membuat ada 3 pilihan yakni cokelat putih, cokelat hitam, dan cokelat susu dengan topping buah pilihan," kata Iis Rosiah, Sabtu (20/2/2021).
Iis melanjutkan, dalam perjalanannya yang paling disukai pembeli adalah cokelat susu dengan topping stroberi kering. "Mungkin cokelat hitam rasanya agak lebih pahit, jadi cokelat susu lebih diminati," imbuhnya.
Ia mengaku, bahan baku untuk membuat topping sengaja dipilih yang mudah didapat dan selalu tersedia seperti buah pisang, stroberi, rambutan, jeruk, dan nanas.
ADVERTISEMENT
"Supaya tidak sulit mencari bahan baku dan ketersediaan stok selalu terjaga," ujarnya.
Sebelum menjadi topping yang siap jual dan konsumsi, bahan baku buah-buahan tersebut dikeringkan terlebih dahulu, sementara Iis mengeringkan buah-buahan dengan perlengkapan dapur sederhana yakni oven.
Cokelat topping buah kering buatan Iis Rosiah sudah menembus pasar luar kota Cirebon, di antaranya Depok dan Subang. Ke depan ia akan memperluas lagi daerah jangkauan penjualannya serta promosi pun akan digencarkan lagi.
"Sementara daerah penjualan menyesuaikan dengan jumlah stok yang ada. Baru sekitar sini saja. Ke depan akan diperbesar kapasitas stok dan pasarnya akan diperluas hingga luar Cirebon," ungkapnya
Iis menjual cokelat topping buah kering khas Korea hasil olahannya seharga Rp 25 ribu untuk cokelat susu, dan Rp 20 ribu untuk cokelat hitam dan cokelat putih.
ADVERTISEMENT
Ia optimis cokelat bauh kering miliknya mampu menembus daerah yang ditargetkan, karena penganan ini belum banyak yang menjual baik di Cirebon maupun daerah lain.
"Di daerah lain belum ada. Yang saya tahu baru ada di Malang Jawa Timur," pungkasnya.