kumparan
30 Oktober 2019 15:15

Damkarhutla Ciremai Berhasil Padamkan Api

30102019_Karhutla Ciremai Andri (2).jpg
Petugas gabungan berupaya memadamkan api di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. (Andri Yanto)
Ciremaitoday, Kuningan - Tim pemadam kebakaran hutan dan lahan (damkarhutla) kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), berhasil memadamkan kobaran api yang muncul sejak Senin (28/10/2019).
ADVERTISEMENT
Karhutla di kawasan TNGC terjadi di Blok Sigiribig, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Akibatnya, puluhan hektar lahan dari vegetasi semak belukar, pinus, kopi, kaliandra, rotan, dan rimba campur hangus terbakar.
“Alhamdulillah api telah dinyatakan padam, data terakhir yang diperoleh itu luas lahan terbakar kurang lebih 60,5 hektar dan kini masih dilakukan pendinginan di lokasi bekas kebakaran. Hal ini agar sisa kebakaran atau bara api benar-benar padam, dan tidak menimbulkan kebakaran baru,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Agus Mauludin saat memberikan keterangan persnya, Rabu (30/10).
30102019_Karhutla Ciremai Andri (1).jpg
(Andri Yanto)
Dia menyebutkan, ada sekita 224 petugas gabungan yang terlibat dalam upaya pemadaman karhutla di kawasan TNGC. Para petugas ini berasal dari BPBD Kuningan, TNGC, TNI-Polri, Sapujagat Setianegara, Pengelola Wisata Bukit Lambosir, Ranger Linggarjati, CDK Perhutani, serta relawan dan warga masyarakat setempat.
ADVERTISEMENT
“Saat upaya pemadaman, kita adakan pos taktis lapangan berada di kebun cengkeh Geger Halang untuk pengiriman tim damkarhutla dan logistik. Sementara untuk pos pantau berada di vila Lambosir,” tukasnya.
Namun saat ini, lanjutnya, pos taktis dan pos pantau lapangan telah ditutup dan penanganan kebakaran hutan kawasan TNGC telah selesai untuk wilayah Kabupaten Kuningan.
“Namun kebutuhan monitoring atau pemantauan, mop up, penyisiran bara atau kepulan dari pohon yang masih menyala di areal yang sudah terbakar, dikembalikan ke pihak TNGC untuk tetap dilaksanakan. Kami berterimakasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam upaya penanganan kebakaran ini,” pungkasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan