News
·
18 Januari 2021 17:53

Fakta Mesin Pompa Bersejarah di Cirebon yang Hilang

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Fakta Mesin Pompa Bersejarah di Cirebon yang Hilang (348455)
searchPerbesar
Bangunan tempat mesin pompa Riol disimpan nampak dipenuhi tumbuhan liar. (Juan)
Ciremaitoday.com, Cirebon - Pemerhati sejarah dan budaya Cirebon, Jawa Barat, Jajat Sudrajat menyayangkan hilangnya mesin pompa Riol Ade Irma Suryani yang termasuk benda bersejarah.
ADVERTISEMENT
Mesin pompa Riol yang diduga hilang dicuri itu, merupakan salah satu benda yang ditetapkan menjadi cagar budaya di Kota Cirebon yang menjadi pusat pompa drainase dan air limbah.
Mesin pompa Riol yang tersimpan di dalam bangunan di Jalan Yos Soedarso, Kota Cirebon, merupakan peninggalan Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1937.
Jajat menjelaskan, mesin pompa Riol termasuk benda langka karena faktanya hanya dimiliki oleh 3 negara di dunia yakni Belanda, tepatnya di Kota Amsterdam, Swiss, dan Indonesia di Kota Cirebon.
"Bagi saya sebagai orang Cirebon merasa sangat kehilangan, karena benda ini jarang dimiliki oleh negara lainnya," terangnya.
Ia menambahkan, menurut sumber yang berkompeten Mesin Pompa Riol masih ada di tahun 2018 lalu, namun sampai tahun 2019 hingga awal tahun 2020 benda tersebut sudah tidak ada ditempatnya.
ADVERTISEMENT
"Soal hilang dan alasannya sudah dilimpahkan ke bidang aset daerah, harus melalui koordinasi dengan dinas terkait," pungkasnya.