Pencarian populer

Gedung Perkantoran Berkonsep Romawi Kuno, Ini Tempatnya

Gedung Badan Keuangan Daerah Kabupaten Indramayu, (Dok)

ciremaitoday.com, Indramayu, - Biasanya, gedung perkantoran atau pemerintahan, secara fisik menggunakan konsep yang bergaya normatif. Namun, bangunan milik Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu kini memiliki gedung yang nyaman dan megah, namun memiliki konsep yang berbeda dibandingkan bangunan pemerintahan pada umumnya.

Dengan ditunjang pagar, halaman parkir dan taman serta sarana lainnya yang memadai, gedung perkantoran dengan gaya Romawi Kuno itu, kedepan akan dijadikan sebagai percontohan dan standarisasi gedung perkantoran di Kota mangga.

Kabid Asset BKD Kabupaten Indramayu, Wita Suwita mengatakan munculnya ide “menyulap” gedung BKD berawal saat pimpinan BKD Kabupaten Indramayu berkunjung ke gedung BPK Propinsi Jabar. Dari kunjungan itu, kepala BKD Kabupaten Indramayu Rinto Waluyo memimpikan gedung BKD bisa seperti gedung BPK Provinsi Jabar.

“Melalui APBD 2018, kami merenovasi gedung BKD plus gedung bidang perbendaharaan dengan konsep gaya Romawi Kuno. Dilokasi ini juga dibangun pagar disamping kanan, rumah genset dan halaman parkir,” kata Wita, Minggu (17/3).

Untuk memuluskan keinginan itu, pihaknya melakukan tender untuk pekerjaan renovasi gedung dan pengadaan langsung (dasung) untuk pagar dan rumah genset. Pagu anggaran untuk renovasi gedung sekira Rp 3,1 miliar, pagar Rp148 juta dan rumah genset Rp119 juta.

“Pekerjaan pagar dengan panjang dan tinggi sekira 56 x 3 meter itu dikerjakan CV. Bangun Cipta Persada dan rumah genset dikerjakan CV. Raisa Putri. Semua item dikerjakan tepat waktu,” ujarnya.

Wita sapaan akrab Suwita tidak menampik jika pihaknya sudah memiliki rumah genset dan ruangan untuk bidang perbendaharaan. Hanya saja karena rumah genset tidak kedap suara dan ruangan bidang perbendaharaan kurang layak maka dibangunlah kedua banguanan dimaksud (gedung bidang perbendaharaan dan rumah genset). Untuk bangunan gedung bidang perbendaharaan memanfaatkan bangunan bekas gedung BPR Karya Remaja.

“Ruangan bekas bidang perbendaharaan nantinya akan difungsikan sebagai ruang arsip,” ujar dia.

Intinya, saat mati lampu genset akan dihidupkan untuk optimalisasi kinerja para pegawai BKD. Sementara untuk mempercantik taman, pihaknya sengaja mendatangkan tanaman langka dari jenis tanaman kaki gajah. Ditanamnya jenis tanaman kakai gajah selain untuk peneduh juga untuk melestarikan tanaman langka agar tidak punah.

“Saat ini, kami tengah membangun pagar depan dengan motif batik. Motif batik merupakan standarisasi pagar untuk perkantoran dilingkungan Pemkab Indramayu,” tandasnya.(*)

Penulis : Tedy Saputra

Editor : Tomi Indra Priyanto

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: