kumparan
KONTEN PUBLISHER
14 Juni 2019 21:36

Hindari Konflik, Pemdes Mekarjati Ajak Petani Kawal Pembagian Air

20190614-Kawal-Air-Mekarjati-Nanang-768x510.jpg
Pemerintah Desa Mekarjati dan petani beserta kelompok tani mengawal pembagian air irigasi di areal persawahan blok Cipedang, Desa Mekarjati, Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu. (Nanang)
ciremaitoday.com, Indramayu, - Pemerintah Desa Mekarjati dan petani beserta kelompok tani mengawal pembagian air irigasi di areal persawahan blok Cipedang, Desa Mekarjati, Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu, Jumat (14/6).
ADVERTISEMENT
Kuwu Desa Mekarjati Aming melalui Raksa Bumi, Oing mengatakan, dengan adanya kawal air ini bertujuan agar tidak menimbulkan konflik antar di antara petani.
“Ini sudah tugas kami mengawal pamong Desa, kelompok tani dan petani dilibatkan dalam program swasembada pangan di Indramayu khususnya Desa Mekarjati,” kata Oing
Oing menjelaskan, mengingat debit air di Waduk Cipancuh hanya 1,3 juta meter kubik dan pemberlakuan gilir untuk 10 desa di Kecamatan Haurgeulis.
Salah satu petani, Bokin berharap keterlibatan Pamong Desa dalam pembagian air tersebut bisa memberikan rasa keadilan kepada petani di Mekarjati.
“Jika pasokan air dari pintu pembagi Waduk Cipancuh ini merata, maka tanaman padi para petani di Kecamatan Haurgeulis khususnya Mekarjati, insya allah tidak terjadi gagal panen,” tegasnya. (*)
ADVERTISEMENT
Penulis : Nanang Asmari
Editor : Tomi Indra Priyanto
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan