News
·
2 April 2021 19:06

Jalur KM 122 Tol Cipali yang Ambles Sudah Kembali Normal

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Jalur KM 122 Tol Cipali yang Ambles Sudah Kembali Normal (95127)
Sejumlah kendaraan kembali melintas di KM 122 Tol Cipali arah Jakarta. (Juan)
Ciremaitoday.com, Cirebon - Jalur KM 122 di Tol Cikopo-Palimanan (Tol Cipali) kini kembali normal dan dapat dilalui kendaraan berbagai jenis.
ADVERTISEMENT
Seperti diketahui pada Februari 2021 lalu, akibat hujan deras dengan intensitas tinggi jalur arah Jakarta itu ambles dan tidak bisa dilalui kendaraan.
Setelah diperbaiki dan sebelum difungsikan kembali jalur KM 122 telah ditinjau dan diuji kelaikkannya oleh perwakilan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).
Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo mengatakan, pengerjaan perbaikan pasca terjadinya retakan jalan di KM 122 telah selesai selama 1,5 bulan.
"Jalur KM 122 arah Jakarta siap untuk dilalui oleh semua jenis golongan kendaraan dengan normal. Pengoperasian jalur ini lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya akan dibuka pada 7 April 2021 mendatang," katanya, Jumat, 2/04/2021.
Ia melanjutkan, dengan beroperasinya kembali jalur KM 122 arah Jakarta, maka jalur detour yang berada di median secara resmi ditutup.
ADVERTISEMENT
Ia menjelaskan, untuk menahan struktur tanah dilakukan dengan pengeboran kedalaman borepile 24 m dan diameter 80 cm sepanjang 100 meter yang ditimbun dengan selected material kemudian di premarking dengan pemasangan aksesoris jalan seperti guardrail dan delineator.
"Nantinya jalan detour akan ditutup kembali dengan pemasangan pagar pembatas berupa MCB dan wirerope," terangnya.
Ia mengimbau, kepada pengguna jalan apabila lelah segera beristirahat di 8 rest area yang ada di sepanjang ruas Tol Cipali atau bisa keluar di gerbang tol terdekat dan masuk kembali tanpa khawatir untuk membayar tol 2 kali karena sistem pembayaran tol Cipali dihitung per kilometer.
"Tetap berkendara dengan hati-hati khususnya saat kondisi hujan dapat mengurangi kecepatan dan menjaga jarak aman," pungkasnya.
ADVERTISEMENT